Pemuda Kalbar Harus Bangkit dan Bersaing dengan Dunia

KalbarOnline, Pontianak – Para pemuda di Kalimantan Barat (Kalbar) diharapkan dapat terus mengembangkan kualitas diri, mengasah kemampuan, melalui pendidikan dan berbagai keterampilan. Sehingga diharapkan, para pemuda ini nantinya mampu bersaing dengan pemuda lainnya secara nasional maupun dunia.

Hal itu dikemukakan oleh Asisten Ajudan Presiden RI, AKP Syarif Muhammad Fitriansyah pada acara Dialog Inspiratif Pemuda Kalbar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022, di Hotel Ibis Pontianak, Rabu (26/10/2022).

“Saya berpesan kepada para pemuda Kalbar khususnya mereka yang sedang berjuang meraih cita cita untuk terus bermimpi, terus mengembangkan kualitas diri, di mana kita tentunya, di Kalbar ini harus bisa bersaing dengan para pemuda yang ada di luar Kalbar,” ujarnya.

AKP Syarif menyampaikan, kehadiran dirinya turut dalam rangka menebar inspirasi bagi para pemuda Kalbar untuk bangkit dan terus mengembangkan diri.

“Saya menginspirasi para pemuda Kalbar, ini tentunya untuk mengembangkan apa yang menjadi potensi para pemuda yang ada di Kalbar, tentunya harus ditingkatkan,” ujarnya.

Ia pun mengharapkan, bahwa semangat perubahan yang kini dimiliki para pemuda harus terus dikobarkan, demi kemajuan Indonesia.

“Dan saya berharap anak-anak muda di Kalbar terus semangat bisa mengembangkan dirinya,” pungkasnya.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji memberikan kata sambutan pada acara Dialog Inspiratif Pemuda Kalbar dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji memberikan kata sambutan pada acara Dialog Inspiratif Pemuda Kalbar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Gubernur Kalbar, Sutarmidji dalam sambutannya turut menekankan agar para pemuda di kalbar dapat terus mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi dan mendapatkan apa yang diinginkan. Karena tantangan kedepan, menurutnya, akan jauh lebih besar, sehingga SDM yang ada harus disiapkan dengan matang.

“Siapkan skill, (SDM yang) bisa membaca peluang. Maka dari itu kita hadirkan beberapa anak-anak muda yang mempunyai prestasi luar biasa, sehingga bisa menginspirasi anak muda yang lain,” ucapnya.

Baca Juga :  Mantan Wawako Singkawang, Abdul Muthalib: Kalbar Butuh Pemimpin Seperti Midji – Norsan

Sutarmidji mengajak para pemuda untuk tidak takut bermimpi. Karena hari ini, pemuda bisa menjadi apapun yang mereka mau–dengan  mengikuti, mempersiapkan diri dan bisa menjawab setiap tantangan yang dihadapi.

“Peran kaum pemuda dalam membangun negara, anak-anak muda harus bisa membaca peluang yang ada di desa. Jangan semuanya di perkotaan. Kalau kita siap dengan kompetisi yang ketat di perkotaan silahkan, tetapi kalau kita ingin berbuat sesuatu yang dimulai dari desa itu lebih bagus,” paparnya.

Guna meraih kualitas diri yang mantap, para anak muda harus melalui berbagai proses kehidupan, kesulitan dan kesenangan.

“Karena anak muda itu harus dibiasakan dimulai dari bawah, agar ketika sampai puncak sudah sangat dewasa. Dewasa dalam pemahaman, bukan usia, dalam arti memaknai segala sesuatu yang dihadapi,” tutur Sutarmidji.

Oleh karenanya, ia berpesan agar para pemuda jangan selalu ingin langsung mencapai puncak, karena itu tidak mungkin. Apalagi kalau dengan cara yang tidak baik, maka dia akan mudah terjatuh.

“Tetapi harus mulai dan melewati proses dari akarnya. Ketika akarnya sudah kuat, maka bagaimanapun kuatnya tiupan angin di puncak, dia tidak akan mudah tumbang,” tandasnya.

Foto bersama para peserta Dialog Inspiratif Pemuda Kalbar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Foto bersama para peserta Dialog Inspiratif Pemuda Kalbar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Sementara itu, Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari yang turut hadir dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa dialog inspiratif yang diadakan kali ini guna memberikan ruang serta waktu kepada para pemuda Kalbar untuk bersilaturahmi dan saling menginspirasi.

“Sekaligus merapatkan barisan serta menyamakan persepsi derap langkah, agar bersatu membangun Kalbar di era milenial kepemudaan sekarang ini,” katanya.

Baca Juga :  Wali Kota Nilai LPTQ Pontianak Sudah Sangat Baik

Pemuda sebagai aset yang dimiliki Kalbar, diharapkan selalu sadar untuk membangun daerah. Maka dari itu, dihadirkanlah para tokoh inspiratif pemuda asal Kalbar untuk bisa memotivasi anak muda yang lain.

“Jadi anak muda harus bermimpi dan cepat bergerak. Dengan cerita dari tokoh inspiratif agar bisa motivasi anak muda bergerak di bidang masing-masing, terutama melakukan inovasi aksi nyata dan kolaborasi,” pesannya.

Selain Dialog Pemuda Inspiratif, di waktu dan tempat yang sama dijelaskan dia, juga dilangsungkan pameran wirausaha muda. Setelah kegiatan dialog, kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi antara pemerintah dengan perwakilan organisasi pemuda dan purna program yang membahas Rencana Aksi Daerah (RAD). Hal ini dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kalbar.

Kemudian, masih di hari yang sama, juga diadakan bimtek sertifikasi profesi fotografer dan barista bagi pemuda pelaku ekonomi kreatif. Untuk kedua acara tersebut diadakan di Hotel Orchardz Perdana, selama tiga hari hingga tanggal 28 Oktober mendatang.

Windy juga menjelaskan, rangkaian HSP ke-94 di Kalbar akan ditutup pada hari Jumat (28/10/2022). Di hari tersebut, bakal digelar upacara bendera peringatan HSP di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, dengan jumlah peserta sebanyak 700-800 orang dari berbagai organisasi kepemudaan, kemahasiswaan, pelajar, dan ASN di lingkungan Pemprov Kalbar. Dimana Gubernur Sutarmidji yang akan bertindak sebagai pembina upacaranya.

Selanjutnya di hari yang sama, juga digelar wisata kemanusiaan di Taman Alun-alun Kapuas. Yakni berupa kegiatan donor darah bersama pemuda, pembagian bantuan bahan kebutuhan pokok dan flashmob. (Jau)

Comment