Cegah Bahaya Narkoba dan HIV Aids, CMI Gelar Seminar Kepemudaan bersama Pelajar SMP dan SMA 

KalbarOnline, Ketapang – Cita Mineral Investindo Tbk (Harita Group) menggelar seminar kepemudaan bersama pelajar tingkat SMP dan SMA se-Kecamatan Air Upas dan Marau, di gedung serbaguna Kecamatan Air Upas.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari, pada 27 dan 28 Oktober 2022 itu mengangkat tema “Pencegahan Narkoba dan HIV Aids Sejak Dini dan Bahaya Bagi Generasi Muda”.

Tampak hadir pada hari pertama kegiatan, Manager CSR CMI Site Air Upas, Agustinus Mulyatmojo, Camat Air Upas, Nikodemus Erpan, Kepala Dinas Pendidikan Ketapang, Ucup Supriatna, Koordinator Bidang Pecegah dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kalbar, Yunita Sari, Kapolsek Marau, IPDA Dewa Jaya Ferogusta, Pengurus PGRI Kecamatan Air Upas dan para guru serta pelajar.

Manager CSR CMI Site Air Upas, Agustinus Mulyatmojo mengatakan, bahwa kegiatan seminar ini merupakan bentuk dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada masyarakat disekitar operasional. 

“Ini merupakan kegiatan CSR perusahaan kita, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda,” ujarnya, Kamis (27/10/2022).

Agustinus menyebutkan, kalau kegiatan serupa akan kembali dilakukan pihaknya dalam waktu dekat. Hal itu lantaran dampak positif dari kegiatan tersebut yang sangat baik bagi generasi penerus bangsa.

“Kedepan kita akan adakan kembali kegiatan serupa dengan melakukan, kampanye di lapangan bersama para pelajar,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang, Ucup Supriatna mengatakan, kalau pihaknya menyambut baik kegiatan ini. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada CMI yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Mewakili Dinas Pendidikan dan Pemkab Ketapang saya mengucapkan terima kasih kepada PT CMI yang bekerja sama dengan PGRI Air Upas telah menyelenggarakan sosialisasi bahaya narkoba dan HIV Aids ini,” ucapnya.

Berfoto bersama dengan penerima beasiswa yang diberikan oleh PT Cita Mineral Investindo Tbk (Harita Group), di gedung Serbaguna Kecamatan Air Upas. (Foto: Adi LC)
Berfoto bersama dengan penerima beasiswa yang diberikan oleh PT Cita Mineral Investindo Tbk (Harita Group), di gedung Serbaguna Kecamatan Air Upas. (Foto: Adi LC)

Ucup Supriatna juga mengatakan kalau memang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi kalangan pelajar menjadi ancaman bagi generasi mendatang. Pihaknya berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkelanjutan.

BACA JUGA:  Hanya Dibayar Rp 69 Juta, Pria Sulsel Ini Mau Disuruh Bandar Malaysia Pasok Sabu Seharga Rp 3,9 M ke Kalbar

“Oleh sebab itu dari Dinas Pendidikan kami berharap, baik PT CMI maupun perusahaan- perusahaan yang ada di sekitar Kecamatan Air Upas dan Marah dapat juga berkontribusi dan dapat juga melakukan kegiatan ini secara berkelanjutan,” harapnya.

Sementara itu, Camat Air Upas, Nikodemus Erpan mengatakan, kalau pihaknya sangat mendukung kegiatan pemberian seminar kepada para pelajar di Kecamatan Air Upas. Pihaknya menyebut, kegiatan seminar ini sangat positif untuk membentengi generasi muda dari bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

“Kita sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini wajib untuk diketahui oleh semua masyarakat mengenai bahaya narkoba,” ujarnya.

Nikodemus Erpan juga berharap, agar kegiatan edukasi serupa dapat dilakukan oleh pihak perusahaan di wilayah Kecamatan Air Upas. Hal ini penting mengingat ancaman narkotika bisa saja menyasar hingga ke daerah pelosok.

“Narkoba bisa saja sampai ke pelosok desa. Harus terus diberikan edukasi akan bahaya narkoba, biar masyarakat yang tidak tahu tidak berani untuk mencoba-coba karena ini sangat merusak,” tutupnya.

Kegiatan seminar ini juga dirangkai dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh para pelajar, diantaranya lomba melukis, cerdas cermat dan pidato. 

Pada kesempatan itu CMI juga memberikan beasiswa kepada pelajaran berprestasi di tingkat SMP dan SMA di tiga kecamatan, yakni Air Upas, Marau dan Kendawangan, dengan total sebanyak 36 orang siswa. (Adi LC)

Comment