Sutarmidji Resmikan Balai Pertemuan Desa Paal Bantuan Pemprov Kalbar

KalbarOnline, Melawi – Gubernur Kalbar, Sutarmidji meresmikan Balai Pertemuan Kantor Desa Paal di Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Minggu (23/10/2022). 

Peresmian ini merupakan salah satu rangkaian dalam agenda kunjungan kerja (kunker) Gubermur Kalbar di Kabupaten Melawi. Dimana sebelumnya, Sutarmidji juga melakukan peresmian penancapan tiang pertama atau groundbreaking terhadap pembangunan Masjid Agung Kota Juang yang berlokasi tak jauh dari Kantor Desa Paal.

Sutarmidji menyampaikan, bahwa pembangunan balai pertemuan tersebut bersumber dari bantuan keuangan khusus Pemerintah Provinsi Kalbar, melalui aspirasi salah satu anggota DPRD Provinsi Kalbar, Ritaudin.

Sutarmidji dalam kesempatan itu pun mengapresiasi langkah Ritaudin yang telah mewujudkan pembangunan Balai Pertemuan Desa Paal. Yang mana menurutnya, pembangunan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh desa sehingga sangat membantu.

“Saya harapkan bisa melengkapi infrastruktur di desa dalam rangka mencapai desa mandiri,” ucap Sutarmidji.

Baca Juga :  Tak Taati Perda, Banyak Ditemui Pemilik Usaha Merubah Bentuk Bangunan Tanpa Melapor

Dirinya menambahkan, dengan berbagai upaya yang dilakukan, kini Provinsi Kalbar telah memiliki 586 desa mandiri. Sejalan dengan itu, Sutarmidji menyatakan, bahwa  di Kalbar saat ini sudah tidak ada desa dengan status sangat tertinggal, melainkan hanya tersisa 94 desa tertinggal di Provinsi Kalbar.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai (tuntas), tidak ada lagi desa tertinggal,” katanya.

Oleh sebab itu, Sutarmidji juga meminta agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) bisa diarahkan untuk memenuhi indikator program desa mandiri. Dengan demikian maka diyakini tidak akan ada temuan dan bermasalah hukum. Terlebih hingga saat ini, se-Indonesia tercatat sebanyak 600 orang kepala desa terjerat hukum.

“Kalbar desa ada 2.045 desa, saya berharap tidak ada masalah hukum, untuk menghindarinya ada 54 indikator indeks desa membangun,” jelasnya.

Baca Juga :  APBD Melawi 2022 Defisit Rp26.4 Miliar

Sementara itu Kepala Desa Paal, Sutarman mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalbar yang telah membangun balai pertemuan desa tersebut. Terlebih peresmian balai pertemuan tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Kalbar., sehingga hal tersebut akan menjadi kebanggaan warga Desa Paal.

“Kami berterima kasih dan kami merasa bangga bisa diresmikan Gubernur Sutarmidji,” ungkap Sutarman.

Dirinya menambahkan, dengan pembangunan tersebut, maka penggunaan balai pertemuan Desa Paal kini menjadi lebih representatif untuk berbagai kegiatan. Seperti pertemuan yang mengharuskan untuk mengumpulkan warga dalam jumlah banyak. Bahkan balai pertemuan tersebut menurutnya sekarang bisa digunakan untuk resepsi pernikahan.

“Kami menyampaikan ribuan terima kasih kepada Gubernur Kalbar yang telah meresmikan Balai Pertemuan Desa Paal,” tutupnya. (Jau)

Comment