Categories: HeadlinesPontianak

Karnaval Air, Napak Tilas Sejarah Berdirinya Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Setelah gelaran upacara dan berjepin massal, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono bersama Sultan Pontianak, Syarif Machmud Melvin Alkadrie menyusuri Sungai Kapuas untuk melakukan napak tilas menuju Makam Kesultanan di Batu Layang, Minggu (23/10/2022).

Keberangkatan rombongan ini didukung oleh puluhan kapal dan sampan dengan hiasan ornamen khas Melayu Pontianak dan sekaligus menjadi momen Karnaval Air pada puncak peringatan Hari Jadi ke-251 Kota Pontianak.

Puluhan kapal dan sampan ikut serta dalam Karnaval Air menyusuri Sungai Kapuas untuk berziarah menuju Makam Kesultanan di Batu Layang. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, napak tilas dengan karnaval air ini menjadi bagian dari peringatan Hari Jadi Kota Pontianak. Agenda ini rutin digelar untuk memperingati sejarah berdirinya Kota Pontianak. 

“Kita harapkan kegiatan ini bisa memberikan aura positif untuk kota Pontianak dan selalu diberkahi serta diridhoi Allah, SWT,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan budaya dan ekonomi kreatif ini diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain itu, memberikan multiplier effect pada peningkatan semangat bagi UMKM untuk terus berkembang. Terlebih pada November mendatang, Kota Pontianak akan menjadi tuan rumah Festival Adat Budaya Nusantara. Agenda itu tentunya harus didukung agar lebih semarak.

Menyusuri Sungai Kapuas, puluhan kapal dan sampan berhias ornamen Melayu ikut serta dalam Karnaval Air untuk berziarah menuju Makam Kesultanan di Batu Layang. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

“Diharapkan kolaborasi ini tetap tercipta dengan baik dalam mewujudkan Pontianak Kuat, Pontianak Hebat,” kata Edi.

Sultan Pontianak, Syarif Machmud Melvin Alkadrie menuturkan, karnaval air ini digelar sekaligus berziarah ke Makam Batu Layang untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan terdahulu, khususnya pendiri Kota Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie beserta keluarganya.

“Semoga di usia 251 tahun atau dua setengah abad ini, Kota Pontianak semakin maju pembangunannya dan masyarakatnya sejahtera,” ucapnya. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Polres Kapuas Hulu Gelar Pelatihan Profesionalisme Fungsi Intelkam Bagi Personel

KalbarOnline, Putussibau - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan membuka pelatihan profesionalisme personel Intelkam Polres Kapuas…

7 hours ago

Suami di Kubu Raya Pergoki Istrinya Diduga Selingkuh dengan Seorang Tokoh Agama

KalbarOnline.com – Beredar di media sosial sebuah video seorang suami di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten…

10 hours ago

HUT ke-41 BPKP, Romi Wijaya: Semakin Akseleratif dan Independen

KalbarOnline.com – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya menghadiri upacara peringatan Hari ulang tahun…

11 hours ago

Seorang Pemuda di Kubu Raya Nekat Curi Troli Basarnas untuk Modal Judi Slot

KalbarOnline – Seorang pemuda di Kubu Raya berinisial ED (29) diamankan polisi terkait kasus pencurian.…

11 hours ago

Bappeda Pontianak Ajak Stakeholders Identifikasi Potensi Risiko Pembangunan SPALD-T

KalbarOnline.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pontianak menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk…

12 hours ago

Ani Sofian Instruksikan Dishub Pontianak Tertibkan Truk Kontainer Tanpa Twist Lock

KalbarOnline.com – Insiden jatuhnya boks kontainer di jalan raya sudah beberapa kali terjadi di Pontianak.…

12 hours ago