Polsek Embaloh Hilir Bantu Korban Banjir di Desa Nanga Palin

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Polsek Embaloh Hilir jajaran Polres Kapuas Hulu memberikan bantuan sembako kepada masyarakat Desa Nanga Palin yang terdampak banjir. Bantuan berupa beras ini diserahkan langsung oleh Kapolsek Embaloh Hilir, IPTU Bardiyono, Jumat (21/10/2022).

Melalui keterangan persnya, IPTU Bardiyono mengatakan, bahwa bantuan ini sebagai bentuk kepedulian pihaknya kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Ia berharap, melalui pemberian bantuan sosial ini, dapat sedikit meringankan beban para warga yang terdampak banjir di Desa Nanga Palin.

“Kegiatan bakti sosial ini dilakukan dengan maksud bahwa selain melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, Polri juga peduli sesama. Menanamkan kesadaran kepada anggota bahwa harta yang kita miliki ada sebagian yang menjadi hak mereka yang membutuhkan,” katanya.

Baca Juga :  Dampingi Kemensos RI, Bupati Kapuas Hulu Serahkan Santunan ke Keluarga Korban Meninggal Akibat Banjir

IPTU Bardiyono menyampaikan, bahwa penyaluran bantuan tersebut langsung diserahkan oleh anggota Polsek Embaloh Hilir dengan cara mendatangi langsung ke rumah-rumah warga yang layak menerima bantuan.

“Penyerahan bantuan tersebut dengan didampingi perangkat Desa Nanga Palin,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, IPTU Bardiyono juga mengimbau masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk ancaman bencana di sekitar tempat tinggal, seperti banjir dan longsor.

“Antisipasi banjir terus kita lakukan, apalagi mengingat saat ini sudah masuk musim penghujan–dengan curah hujan yang masih tinggi,” katanya.

IPTU Bardiyono menilai, selain hujan deras yang sering terjadi di daerah perhuluan sehingga meluapnya Sungai Kapuas, keberadaan Desa Nanga Palin yang terletak di pinggiran Sungai Kapuas atau Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas turut menjadi penyebab Desa Nanga Palin terdampak banjir. 

Baca Juga :  Sambut HUT ke-58, DPD Golkar Kapuas Hulu Gelar Dua Agenda Kegiatan

“Tampak rumah warga terendam banjir, karena luapan air yang masuk ke pemukiman warga,” ujarnya.

Semena itu, salah satu penerima bantuan, Irwan mengucapkan terima kasih kepada Polsek Embaloh Hilir yang telah peduli dan mau berbagi kepada masyarakat terdampak banjir di Desa Nanga Palin.

“Sangat terbantu sekali Pak. Bantuan seperti ini sangat diharapkan warga kami. Terimakasih Polsek Embaloh Hilir,” ujar warga yang berdomisili di RT 02, Desa Nanga Palin. (Ishaq)

Comment