Wabup Kapuas Hulu Buka Bimtek Registrasi Sertifikasi Badan Hukum dan Pengelolaan BUMDes

KalbarOnline, Putussibau – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Registrasi Sertifikasi Badan Hukum dan Pengelolaan Badan Usahanya Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2022, di Aula TNBKDS Kapuas Hulu, Kamis (20/10/2022). 

Tidak kurang dari 63 peserta hadir mengikuti kegiatan ini. Bertindak selaku narasumber bimtek tersebut diantrnya Inspektur Kabupaten Kapuas Hulu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TA-PM) Kabupaten Kapuas Hulu.

Baca Juga :  Harkitnas ke-115, Bupati Kapuas Hulu: Pertahankan Bara Api Semangat Kebangkitan Nasional

Wabup Kapuas Hulu dalam sambutannya menyampaikan, bimtek ini merupakan salah satu upaya strategis Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangka melaksanakan ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa.

Ketentuan lain dalam proses registrasi dan pendaftaran BUMDes ini pula, lanjut Wabup Kapuas Hulu, disandarkan pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pendataan dan Pemeringkatan, Pembinaan dan Pengembangan, dan Pengadaan Barang dan/atau Jasa Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha Milik Desa Bersama.

Baca Juga :  FORKI Kapuas Hulu Borong Medali, Wabup Wahyudi: Hadiah Berharga untuk Kapuas Hulu Hebat

Selanjutnya, Wabup Wahyudi juga menerangkan, untuk meningkatkan dan mengembangkan perekonomian desa di Kabupaten Kapuas Hulu, pemerintah daerah berusaha secara terus menerus membina dan memberikan kesempatan serta kemudahan kepada pemerintah desa untuk membentuk BUMdes dan mengembangkan usahanya.

“Hal ini sesuai dengan misi kedua ‘Kapuas Hulu Hebat’, yaitu mewujudkan Kapuas Hulu yang kreatif menuju desa mandiri, pengembangan aktivitas ekonomi yang adil dan pro rakyat serta ramah investasi,” terangnya. (Ishaq)

Comment