Sambangi Rumah Zulkifli, Wako Edi Kamtono Serahkan Bantuan

KalbarOnline, Pontianak – Zulkifli, warga RT 003 RW 025 Perumnas I Gang Dahlia Kelurahan Sungai Jawi Luar Kecamatan Pontianak Barat mendapat kunjungan dari Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Jumat (21/10/2022). 

Kedatangan Wali Kota ke rumahnya untuk menyerahkan bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak.

Zulkifli merupakan warga yang tinggal sendirian di rumah miliknya dan jauh dari sanak keluarga. Ia juga dalam kondisi sakit dan membutuhkan bantuan. Untuk kesehariannya, Zulkifli dibantu oleh warga sekitar lingkungannya.

“Untuk itu, kita datang langsung ke rumahnya untuk menyerahkan bantuan yang digalang oleh PMI Kota Pontianak dari para dermawan dan donatur yang peduli terhadap warga yang membutuhkan bantuan,” ujar Edi usai bertemu Zulkifli di kediamannya.

Ia menilai, aksi yang dilakukan PMI Kota Pontianak patut mendapat apresiasi, yang mana PMI melakukan jemput bola menyisir warga-warga yang memang sangat membutuhkan uluran tangan dari para dermawan. 

Dirinya tidak ingin ada warga yang luput dari perhatian pemerintah. Artinya, kata dia, warga yang membutuhkan bantuan seperti halnya Zulkifli, mesti dicarikan solusi terbaik, mulai dari kelayakan tempat tinggalnya hingga kondisi kesehatannya. Sebab itu, dibutuhkan kolaborasi semua pihak dan stakeholder dalam mengentaskan permasalahan sosial di masyarakat. 

Baca Juga :  Hadiri Konferwil PWNU Kalbar, Sutarmidji Janjikan Keberadaan Kantor Sekretariat Representatif

“Termasuk partisipasi warga yang ikut peduli dan membantu warga sekitar yang membutuhkan bantuan kita apresiasi,” ungkapnya.

Edi menyebut, dari kunjungan yang dilakukannya, kondisi rumah Zulkifli masih terbilang layak, hanya saja kurang terawat dikarenakan yang bersangkutan tinggal seorang diri di rumah dan dalam kondisi sakit.

“Sementara ini bantuan bersumber dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Dinas Sosial dan sumbangan dari masyarakat,” katanya.

Wakil Ketua Bantuan dan Bencana PMI Kota Pontianak, AKBP Purn Syarifah Salbiah menerangkan, bantuan yang disalurkan ini selain dari PMI Kota Pontianak, juga berasal dari donatur dan para dermawan. Adapun bantuan yang diserahkan berupa tabung oksigen untuk Zulkifli yang mengalami sesak nafas. Pihaknya juga akan mengutus perawat untuk membantu memasangkan oksigen. Kemudian ada bantuan beras, kasur dan bantal.

“Kita juga akan menurunkan relawan untuk membantu membersihkan rumah Bapak Zulkifli. Setiap bulannya PMI juga memberikan bantuan untuk dikelola warga menyiapkan katering makanan untuk beliau,” terangnya.

Baca Juga :  Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Dusun Kapuas Bersih-bersih Kampung

Dia mengapresiasi kepedulian warga sekitar dalam membantu Zulkifli. Pihaknya mengetahui keberadaan warga yang membutuhkan bantuan seperti halnya Zulkifli, dengan menyisir langsung ke lapangan atau dengan kata lain sistem jemput bola. 

Memang, kata Salbiah, PMI acapkali diidentikkan dengan kegiatan donor darah, padahal tidak demikian. PMI juga turut andil dalam melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti membantu masyarakat yang  terkena bencana maupun membantu warga yang membutuhkan bantuan seperti halnya warga di Perumnas I ini.

“Kita juga membuat terobosan dengan program Jumat Berkah dengan mengunjungi pondok pesantren dan panti asuhan untuk menyalurkan bantuan kepada mereka,” imbuhnya.

Mohmadin, Ketua RW 025 RT 003, menuturkan, Zulkifli memang tinggal sendirian. Meskipun keluarganya ada namun kebanyakan tinggal di luar Kalbar. Keseharian Zulkifli banyak dibantu oleh warga sekitar yang peduli dengannya. Usia Zulkifli lebih dari 60 tahun. Sementara terkait kondisi kesehatannya, yang bersangkutan mengidap penyakit ambeien dan sesak nafas.

“Kami atas nama RW dan RT di sini menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Wali Kota Pontianak bersama jajarannya untuk menyerahkan bantuan kepada warga kami,” ucapnya. (Jau)

Comment