Syukuran Ulang Tahun ke-59, Edi Kamtono: Momentum Introspeksi

KalbarOnline, Pontianak – Sebagai ungkapan rasa syukur di hari ulang tahunnya yang jatuh pada tanggal 17 Oktober 2022, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menggelar acara syukuran di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Pontianak, Senin (17/10/2022).

Kegiatan syukuran yang digelar itu sekaligus dalam rangka merefleksikan kinerjanya bersama Wakil Wali Kota Bahasan serta jajaran Pemerintah Kota Pontianak. Seperti diketahui, masa jabatan keduanya akan berakhir pada 23 Desember tahun depan.

Dalam kesempatan itu, Edi menyampaikan, banyak tantangan yang telah dihadapi, namun di saat yang sama, juga tidak sedikit harapan dan doa terbaik bagi berjalannya pemerintahan yang semakin baik.

Edi mengatakan, bahwa setiap pencapaian yang telah diraih pihaknya tak terlepas dari dedikasi segenap aparatur Pemkot Pontianak. Untaian terima kasih dihaturkannya kepada segenap pihak yang telah membantunya membangun Kota Pontianak. 

Menghadapi tahun berikutnya, beberapa pesan disampaikan Edi kepada seluruh aparatur di jajaran Pemkot Pontianak, diantaranya pemerintahan yang baik akan berjalan jika dipimpin dengan integrasi. Integrasi dilengkapi aparatur yang smart akan menciptakan inovasi, dibarengi dedikasi pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Tumbuhkan Nilai Kebersamaan Lewat Dialog Interaktif FKUB

Edi menekankan, untuk melayani masyarakat memerlukan kesigapan dan ketepatan. Sudah banyak keluhan yang datang padanya menyebut kurangnya pelayanan karena harus melalui birokrasi yang terlalu panjang dan contoh lain. Salah satunya, lanjut Edi, ketika warga datang ke kantor, sapa dan tanya keperluannya, lalu dengar semua keluhannya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan potongan kue ulang tahunnya kepada Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan. (Kominfo/prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan potongan kue ulang tahunnya kepada Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan. (Kominfo/prokopim For KalbarOnline.com)

“Kalau bisa penuhi semua keperluannya, dan lebih baik lagi jika kita bisa mengedukasi dengan santun. Kadang dengan cara ini mereka merasa didengar,” pesannya.

Persoalan lain yang juga tengah menjadi prioritasnya adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM). Jika dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pontianak yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), Kota Pontianak berada di atas angka rata-rata nasional yaitu 79,93. 

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat Soal Kelanjutan PPKM Level 4

Dari data ini menurut Edi, menunjukkan perkembangan pembangunan SDM yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya dan menandakan kesiapan warga menghadapi tantangan serta persoalan.

“Berbagai masalah akan selalu ada, tetapi jika masyarakat sudah terbentuk, mereka menjadi mandiri. Tugas kita untuk memfasilitasi masyarakat, sehingga yang sudah ada menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Di usianya yang memasuki 59 tahun ini, menjadi momentum cerminan dirinya selaku kepala daerah, terutama bagaimana menciptakan kinerja yang efektif dan efisien. Tidak bosan-bosannya dia mengingatkan jajaran pemerintah untuk berpikir sederhana dengan melibatkan banyak orang. Dengan demikian menurutnya, kolaborasi akan terjalin. Tak kalah pentingnya adalah mentaati aturan diiringi kreativitas.

“Jika ada yang mudah jangan dipersulit, serta mulai lakukan tugas secara kolaboratif. Kalau dikerjakan sendirian pasti sulit dan biasanya hasilnya kurang memuaskan. Laksanakan dengan responsif,” pungkasnya. (Jau)

Comment