Lasarus Pastikan Terminal Barang Internasional Badau Beroperasi 2023 

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus memastikan Terminal Barang Internasional (TBI) di PLBN Badau, Kapuas Hulu sudah bisa beroperasi di tahun 2023 mendatang.

Kepastian itu disampaikan Lasarus usai meninjau langsung pembangunan terminal bersama rombongan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR, Jumat (14/10/2022). 

“Kontraknya ini selesai 31 Desember dan sekarang progresnya sudah 80,4 persen. Beberapa bulan lagi selesai mudah-mudahan tidak ada masalah sehingga tahun 2023 sudah bisa dioperasikan,” jelasnya.

“Tinggal permintaan Bea Cukai yang belum, karena nanti di sini kan juga akan ada Bea Cukai. Apakah nanti gedungnya Bea Cukai yang bangun atau Kementerian PUPR yang bangun, itu silakan dikomunikasikan lah antara PUPR dan Bea Cukai,” timpalnya. 

Baca Juga :  Terapkan Prinsip Keberlanjutan, bank bjb Raih Platinum Rank Asia Sustainability Reporting Rating 2023

Lasarus juga menyatakan, kalau TBI PLBN Badau ini kelak akan melayani perdagangan antar Indonesia dan Malaysia. Keberadaan TBI ini pun diyakininya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Badau dan sekitarnya. 

“Nanti kalau perdagangan kita dengan Malaysia sudah buka, ini nanti di sini bisa numpuk kontainer, parkir truk dan seterusnya. Nanti ada bea cukai di sini untuk mengatur arus barang yang keluar masuk, kaitannya dengan ekspor impor,” katanya.

Baca Juga :  Lasarus Pimpin Kunker Komisi V DPR ke Kalbar

“Ke depan, setelah ini beroperasi, saya yakin pasti akan ada pergerakan ekonomi di Badau dan sekitarnya,” ujar politikus PDI Perjuangan tersebut. 

Dalam tinjauannya itu, Lasarus tampak didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR. Turut serta pula mendampingi yakni Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan sejumlah anggota DPRD Kapuas Hulu. (Jau)

Comment