Polres Kerahkan 375 Personel Gabungan Amankan Pilkades Serentak di Melawi

KalbarOnline, Melawi – Kepolisian Resor Melawi mengerahkan sebanyak 375 personel gabungannya untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2022 di wilayah itu.

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto mengatakan, bahwa ratusan personel gabungan ini terdiri dari 217 Polres Melawi, 30 personel Sabhara Polda Kalbar, 30 BKO Brimob Polda Kalbar, 49 personel TNI dan 49 personel Satpol PP. Para personel ini akan disebar di 49 desa pada 10 kecamatan yang melaksanakan pilkades, pada tanggal 19 Oktober nanti.

Baca Juga :  Cara Ganjar-Mahfud Tumbuhkan Ekonomi Sembari Lestarikan Lingkungan

Kapolres menerangkan, sistem pengamanan yang dilakukan dibagi pada 3 kategori di 157 TPS, yakni 3 TPS masuk kategori rawan 1, 66 TPS rawan 2 dan 88 TPS rawan 3. Total ada 169 calon kepala desa (cakades) yang bertarung dengan jumlah pemilih sebanyak 45.133 orang.

“Potensi kerawanan di masing-masing TPS sudah kami petakan. Sehingga pola pengamanan di masing-masing TPS itu kami sesuaikan dengan potensi kerawanan yang ada,” kata Kapolres Sigit, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga :  Kapolda Kalbar Resmikan Gedung Penjagaan Polres Singkawang

Dia mengungkapkan, hingga kini Melawi masih tergolong aman dalam proses menuju pilkades, belum ada gesekan-gesekan yang memicu gangguan Kamtibmas.

Pihaknya pun tetap berkomitmen untuk totalitas menjaga dan mengamankan pilkades, menerapkan manajemen pengamanan terpadu dan komprehensif serta bekerja sama dengan stakeholder terkait. (BS)

Comment