Ketua DPRD Ketapang Jajal Mobil Listrik PLN

KalbarOnline, Ketapang – Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, M Febriadi bersama Wakil Ketua DPRD, Mathoji dan Ketua Komisi IV DPRD Ketapang, Achmad Sholeh, menerima kunjungan Manager PLN UP3 Ketapang, Vicky Reandry, dalam rangka pengenalan kendaraan listrik, Rabu (12/10/2022), di kantor DPRD Ketapang.

Dalam kesempatan tersebut, ketiganya bahkan berkesempatan menjajal dan merasakan sensasi mengendarai kendaraan-kendaraan masa depan tersebut.

Ketua DPRD Ketapang kala itu mengucapkan terima kasih lantaran sudah dikenalkan dengan kendaraan listrik berbasis baterai dari pihak PLN UP3 Ketapang.

Febriadi mengaku, dengan adanya mobil serta sepeda motor listrik berbasis baterai yang sudah diperkenalkan PLN itu, diharapkannya bisa mendorong minat masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik, sehingga membantu masyarakat khususnya di Ketapang dalam menghemat pengeluaran BBM.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Ketapang, Vicky Reandry Faradian mengatakan, pihaknya memperkenalkan keberadaan mobil dan sepeda motor listrik di Ketapang baru berkisar tiga minggu di bulan Oktober 2022.

Baca Juga :  Wishnutama: KTT ASEAN Labuan Bajo Sukses, Apresiasi Dukungan Listrik Andal PLN

Disampaikan Vicky, mobil dan sepeda motor listrik ini diperkenalkan ke sejumlah stakeholder antara lain ke Polres Ketapang, Kodim Ketapang dan Pemkab Ketapang, termasuk saat ini di DPRD Ketapang. 

“Dan juga kepada masyarakat umum, dimana PLN UP3 Ketapang beberapa waktu yang lalu telah mengadakan eksibisi kendaraan listrik di Citimall Ketapang, dimana pada acara tersebut cukup banyak pengunjung yang melakukan test drive kendaraan listrik,” tuturnya.

Vicky turut menjelaskan, dalam rangka menumbuhkan ekosistem kendaraan listrik di Kalimantan Barat khususnya di Ketapang, PLN UP3 Ketapang berencana akan memasang dua SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) pada tahun depan–untuk mobil listrik berbasis baterai yang akan dipasang di Kantor PLN UP3 Ketapang dan di Kantor PLN ULP Sandai di Jalan Trans Kalimantan.

Baca Juga :  Nissan Note e-POWER Laris Manis, Dipesan Dua Kali Lipat dari Target

“Dan tentu saja ini agar membuat masyarakat semakin merasa nyaman dalam menggunakan mobil listrik,” ujarnya.

Sedangkan untuk kendaraan sepeda motor listrik, ungkap Vicky, sudah ada beberapa dealer motor yang sudah menyediakan fasilitas penukaran baterai.

Vicky melanjutkan, dengan menggunakan kendaraan mobil dan sepeda motor listrik, maka secara biaya operasional lebih hemat ketimbang kendaraan konvensional yang menggunakan BBM.

“Selain lebih hemat mencapai 70 persen dibandingkan menggunakan kendaraan BBM, yaitu dari penghematan pembelian BBM. Kendaraan listrik berbasis baterai ini juga ramah lingkungan dengan tidak mengeluarkan polusi asap dan polusi suara,” jelasnya. (Adi LC)

Comment