43 Ribu Warga Sintang Terdampak Banjir, Ketinggian Air Capai 2 Meter

KalbarOnline, Sintang – Dari sekian banyak daerah di Provinsi Kalbar, Kabupaten Sintang merupakan salah satu wilayah yang cukup signifikan terkena dampak musibah banjir.

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan data yang diperoleh, sedikitnya terdapat 10 kecamatan di Bumi Senentang itu yang kini terendam banjir dengan jumlah korban terdampak sebanyak 43 ribu jiwa lebih.

“10 kecamatan terendam air akibat banjir, terdapat sebanyak lebih dari 43 ribu jiwa yang terdampak. Total KK (kepala keluarga) yang terdampak sebanyak 12 ribu lebih,” terang Dandim 1205 Sintang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga :  Hujan di Atas Normal, 4 Kabupaten Kota di Kalbar Alami Banjir dan Longsor

Ia juga menerangkan, bahwa banjir yang terjadi tersebut didominasi oleh tingginya intensitas hujan selama sepekan terakhir ini. Dandim menjelaskan, bahwa ketinghian air di 10 kecamatan bervariasi, antara 50 centimeter hingga 2 meter.

“Ketinghian air 50 centimeter hingga 2 meter,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya, guna meminimalisir dampak musibah yang ada, pihaknya pun terus melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait agar penanggulangan bencana dapat berjalan secara efektif.

“Kita terus berkoordinasi dengan BPBD, kepala dinas terkait, bulog serta seluruh camat, lurah dan kepala desa yang ada di Kabupaten Sintang untuk penanganan banjir ini,” tutur Dandim Kukuh yang juga sekaligus Dansatgas Batingsor Kabupaten Sintang ini. 

Baca Juga :  Wali Kota Edi Kamtono : Silakan Beraktivitas Tapi Jangan Abaikan Prokes

Tak hanya itu, dalam rangka mempercepat penanganan, pihaknya juga telah membangun posko-posko darurat yang berfungsi sebagai dapur umum dan pemenuhan kebutuhan lain bagi warga yang terdampak.

“Kita turut mengajak kepada seluruh pihak untuk bahu membahu membantu penanganan terhadap masyarakat yang terdampak, termasuk pihak pengusaha yang ada di Kabupaten Sintang,” sampainya. (Jau)

Comment