Bantu Korban Banjir di Kecamatan Tumbang Titi Ketapang, PT Mentari Pratama Salurkan Paket Sembako di Posko Penanggulangan Banjir

KalbarOnline, Ketapang – Tingginya curah hujan yang mengguyur hampir seluruh wilayah di Provinsi Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Ketapang pada bulan Oktober 2022 mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Ketapang mengalami kebanjiran.

Adapun wilayah yang mengalami dampak banjir tersebut diantaranya wilayah Kecamatan Jelai hulu, Muara Pawan, Balai Bekuak, Nanga Tayap dan Tumbang Titi. Wilayah yang terparah mengalami dampak banjir adalah wilayah Kecamatan Jelai Hulu, Nanga Tayap dan Tumbang Titi.

Akibat bencana banjir ini, banyak masyarakat yang tidak bisa beraktivitas dan meninggalkan rumahnya untuk mengungsi ke tempat yang aman. Dimana situasi ini menjadi tanggung jawab semua pihak untuk membantu, bukan hanya Pemkab Ketapang, melainkan perusahaan juga ikut berkontribusi untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah banjir. 

Satu diantaranya PT Mentari Pratama yang berinvestasi di wilayah Kecamatan Tumbang Titi. Hasil koordinasi pihak perusahaan PT Mentari Pratama dengan pihak BPBD, Kecamatan Tumbang Titi, Polsek dan Koramil Tumbang titi saat berada di posko penanggulangan bencana banjir yang berada di Tumbang Titi, bahwa masyarakat saat ini sangat membutuhkan bantuan bahan makanan dan obat obatan dari berbagai pihak. 

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ketapang telah bergerak cepat dengan menyalurkan bantuan secara langsung kepada warga terdampak banjir dan mendirikan posko penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Tumbang Titi pada saat kejadian banjir pertama terjadi. 

PT Mentari Pratama yang beroperasional di Wilayah Kecamatan Tumbang Titi juga turut membantu memberikan bantuan bahan pokok yang diserahkan secara langsung ke posko penanggulangan bencana banjir. 

Manager Humas di PT Mentari Pratama, Syafrudin menyampaikan, bahwa bantuan yang diberikan untuk korban banjir ini berupa sembako, diantaranya beras sebanyak 1000 Kg, mie instan sebanyak 100 dus, ikan sarden kaleng sebanyak 30 dus, kopi sebanyak 60 Kg, gula sebanyak 200 Kg dan teh sebanyak 200 kotak. 

BACA JUGA:  Ribuan Rumah Warga di Sandai Ketapang Terendam Banjir

“Penyerahan secara simbolis bantuan paket sembako dari management perusahaan PT Mentari Pratama diterima langsung oleh Sekcam Tumbang Titi, Kapolsek Tumbang Titi, Danramil Tumbang Titi serta perwakilan dari BPBD Ketapang,” ucapnya, Selasa (11/10/2022).

Secara simbolis, bantuan paket sembako dari management perusahaan PT Mentari Pratama diterima langsung oleh Sekcam Tumbang Titi, Kapolsek Tumbang Titi, Danramil Tumbang Titi serta perwakilan dari BPBD Ketapang. (Foto: Adi LC)
Secara simbolis, bantuan paket sembako dari management perusahaan PT Mentari Pratama diterima langsung oleh Sekcam Tumbang Titi, Kapolsek Tumbang Titi, Danramil Tumbang Titi serta perwakilan dari BPBD Ketapang. (Foto: Adi LC)

Dalam kesempatan tersebut, Syafrudin mengatakan kalau memang sudah seharusnya perusahaan ikut memberikan bantuan, karena saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan semua pihak.

“Kami berharap bantuan yang diberikan ini dapat meringankan dan membantu masyarakat yang terkena musibah bencana banjir serta air dapat segera surut, agar masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti biasa,” sampainya. 

Sementara itu, Kapolsek Tumbang Titi,  IPTU Sri Marjana mengucapkan terimakasih kepada management Perusahaan PT Mentari Pratama yang sudah memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terkena musibah, semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena musibah banjir. 

“Kami juga berharap kepada pihak-pihak lain dapat turut membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana banjir ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan BPBD Ketapang, Surya Hadi Kusuma saat berada di posko penanggulangan bencana banjir juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu. 

“Khususnya perusahaan PT Mentari Pratama yang sudah tergerak untuk ikut membantu memberikan bantuan bahan pokok kepada masyarakat yang terdampak banjir, dan nantinya bantuan ini akan langsung kita realisasikan kepada masyarakat yang terdampak,” ujarnya.

“Dan sudah seharusnya kita semua saling bahu membahu memberikan bantuan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah banjir,” tuntas surya. (Adi LC)

Comment