Jelang HUT ke-251, Pemkot Pontianak Matangkan Sejumlah Agenda

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak menggelar rapat koordinasi persiapan peringatan HUT ke-251 Kota Pontianak, di Ruang Rapat Wali Kota, Senin (10/10/2022).

Rapat yang melibatkan segenap pihak, mulai dari kepala perangkat daerah, event organizer serta Kesultanan Pontianak tersebut membahas beberapa hal, mulai dari upacara, rangkaian acara menuju puncak, rencana menggelar pameran serta persiapan keamanan menjelang hari-H.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang memimpin rapat tersebut mengatakan, dirinya telah meminta pihak penyelenggara untuk memperhatikan secara detail setiap agenda. Dia pun mengajak untuk mempertimbangkan efisiensi waktu tanpa melupakan esensi maupun makna perayaan.

“Lalu kita gaungkan di upacara ini supaya lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya seusai rapat.

Sebelumnya, Pemkot Pontianak sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) Walikota dalam upaya menyemarakkan HUT kota, seperti penggunaan Baju Melayu (Kurung) serta pemasangan umbul-umbul dan manggar bagi instansi maupun perusahaan yang ada di Kota Pontianak. 

Dalam kesempatan itu, Edi turut mengimbau instansi swasta seperti hotel, restoran dan lainnya untuk memberikan diskon bagi masyarakat dengan waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga :  Upaya Berantas DBD, Pemkot Pontianak Bagikan Ikan Cupang, Abate hingga Minyak Serai ke Warga

“Bisa dengan memberikan voucher diskon atau promo, tujuannya agar masyarakat merasakan keramaian serta semarak sebelum hari puncak,” terangnya.

Tidak kalah pentingnya lagi, lanjut Edi, yaitu pelibatan pelaku UMKM untuk hadir saat puncak perayaan. Dia menuturkan, nantinya akan disiapkan beberapa tempat bagi UMKM untuk menjual makanan maupun minuman dengan memenuhi tenda-tenda di Jalan Rahadi Usman, 23 Oktober mendatang.

“Karena berkaitan dengan konsumsi, untuk peserta kita siapkan tenda konsumsi yang ada di Alun Kapuas dan di Pomdam. Model, jenis dan cara makan juga perlu dipertimbangkan. Yang jelas harus layak, sopan dan higienis,” ungkap dia.

Edi kembali meminta agar segenap rentetan kegiatan layaknya tahun-tahun sebelumnya akan lebih disemarakkan. Hal-hal yang sifatnya simbolis seperti ziarah kubur, tahlil hingga upacara peringatan, rencananya tetap dilaksanakan. Tidak lupa kata dia, adalah berjepin massal.

Baca Juga :  Meriahkan Hari Jadi Kota Pontianak ke-251, Ribuan Warga Jepin Massal di Halaman Istana Kadriah

“Di sana para tamu dan masyarakat berbaur untuk berjepin, melambangkan perayaan dan kebersamaan Kota Pontianak. Serta memaknai hari jadi dengan semangat perubahan, layaknya keberanian Sultan Syarif Abdurrahman kala itu,” tuturnya.

Seluruh ASN di Kota Pontianak juga diimbaukan untuk turut meramaikan puncak perayaan Hari Jadi yang akan jatuh pada Minggu, 23 Oktober 2022 tersebut. Segenap guru juga diminta hadir sebagai bentuk kolektivitas antar aparatur.

Di tahun ini, sebagai momentum kebangkitan, Pemkot Pontianak berkolaborasi dengan Kesultanan Kadriah bersama-sama mengangkat kembali kesejahteraan warga, khususnya di sektor ekonomi dengan lebih memeriahkan Hari Jadi ke-251 Kota Pontianak. Edi menyebut, kolaborasi ini mampu mempersatukan masyarakat serta upaya pemulihan usai pandemi.

“Seperti harapan kita bersama, semoga momentum HUT memberikan makna dan kesan yang mendalam, tidak hanya untuk warga yang lahir, tapi juga yang sekarang sedang menetap di Kota Pontianak,” pungkasnya. (Jau)

Comment