Sutarmidji Ajak Warga Sambas Teladani Rasulullah dan Kembalikan Kejayaan Seperti Dulu

KalbarOnline, Sambas – Tidak kurang dari 5 ribuan jamaah hadir mengikuti kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di Pasar Pemangkat, Kabupaten Sambas, Sabtu (08/10/2022).

Kendati di bawah guyuran hujan deras, hal itu tak lantas menyurutkan antusiasme umat muslim di sana untuk merayakan hari kelahiran Rasul Allah yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal 1444 Hijriyah tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji. Kedatangan orang nomor satu itu mendapat sambutan hangat dari para jemaah yang hadir. Dengan senyum khasnya, Sutarmidji pun membalas menyapa para jemaah tersebut.

Dalam sambutannya, Sutarmidji mengajak kepada seluruh umat muslim agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT dan sekaligus mempedomani pribadi dan ajaran Rasulullah SAW.

“Semoga kita semakin mengingat Rasulullah, semakin semangat dan kuat menjalankan tuntutan beliau dalam beragama,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sutarmidji turut memuji betapa hebatnya sosok Rasulullah dan pengaruhnya bagi dunia. Ia juga menyinggung soal kejayaan masyarakat Sambas di masa lalu. Dimana ia menyebut, kalau Sambas ini merupakan gudangnya para cendekiawan dan ulama.

Gubernur Kalbar, Sutarmijdi memberikan kata sambutan pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Pasar Pemangkat, Kabupaten Sambas, Sabtu (08/10/2022). (Foto Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmijdi memberikan kata sambutan pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Pasar Pemangkat, Kabupaten Sambas, Sabtu (08/10/2022). (Foto Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“Saya ingin sampaikan kepada bapak-ibu, Sambas gudangnya para ilmuwan, para doktor, profesor–ulama yang paling hebat diakui Syaikh Ahmad Khatib Sambasy,” ujarnya.

Ia menyatakan, bahwa Sambas yang jumlah masyarakat muslimnya di atas 80% dari jumlah penduduknya itu mempunyai kejayaan masa lalu. Namun seiring berjalannya waktu, dominasi Sambas seolah redup. Sutarmidji pun meminta, agar kejayaan itu dikembalikan lagi.

“Saat ini, saya punya program 1.000 hafiz 30 juz dan 5.000 hafiz 20 juz. Sampai saat ini, hafiz yang diwisuda dari Sambas baru 6 orang saja. Untuk itu, mari kembalikan kejayaan Sambas dan jadikan Sambas sebagai gudangnya hafiz dan hafizah,” harap Sutarmidji di depan para jamaah.

BACA JUGA:  Bupati Melawi 6 Bulan Bakal Tak Bergaji

Sutarmidji juga mengatakan, kalau Pemerintah Provinsi Kalbar terus berupaya mendorong peningkatan SDM di Kabupaten Sambas, begitupun dengan pembangunan fisiknya.

“Untuk Sambas, urusan saya menyelesaikan Rumah Adat Melayu, waterfront, SMK Terpadu Sambas dan jalan tanah hitam,” ungkap Sutarmidji.

Sebelumnya, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini turut dihadiri Bupati Sambas, Satono, Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Sekda Kalbar), Harisson, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalbar, Prabasa Anantatur dan Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalbar, Suriansyah. 

Bertindak selaku penceramah dalam acara maulid tersebut yakni Kakanwil Kemenag Kalbar. (Jau)

Comment