Categories: Melawi

Ruas Jalan Provinsi di Kecamatan Sayan Tertimbun Longsor

KalbarOnline, Melawi – Hujan deras dengan intensitas cukup tinggi melanda Kabupaten Melawi dan mengakibatkan akses jalan provinsi Sayan – Kota Baru tertimbun longsor, pada Sabtu (08/10/2022) pagi.

Camat Sayan, Arif Santoso menjelaskan, longsor yang persis berada di jalur Desa Siling Permai, Kecamatan Sayan itu menyebabkan akses menuju 4 kecamatan, yakni Kecamatan Sayan, Tanah Pinoh, Tanah Pinoh Barat dan Sokan, lumpuh total.

Ia menyatakan, curah hujan memang cukup tinggi berlangsung selama sepekan terakhir ini. Terkait dengan kejadian longsor, pihak terkait telah berupaya mengatasinya, dan sementara ini baru posisi bahu jalan yang terbuka, sehingga hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua.

Pihaknya juga sudah menyampaikan kondisi itu ke BPBD Melawi agar segera ditindaklanjuti. “Longsor masih dalam penanganan pihak terkait. Hingga sore ini akses jalan hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua,” kata Arif, saat dihubungi Sabtu (08/10/2022) sore.

Dirinya mengungkapkan, BPBD sudah memonitor dan mengecek kondis di lapangan. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak desa dalam upaya menindaklanjuti peristiwa tersebut.

“Kita juga menghubungi perusahaan perkebunan yang ada di sekitar lokasi untuk membantu penanganan longsor yang terjadi,” kata Arif.

Ia juga menambahkan, kalau material longsor yang memenuhi badan jalan cukup panjang dan tinggi, sehingga tidak bisa digali dengan menggunakan tenaga manusia. 

“Longsor besar, harus menggunakan alat berat,” jelasnya. (BS)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Peringatan Hardiknas 2024, Pj Bupati Romi: Mengenang Perjalanan Merdeka Belajar

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)…

20 mins ago

Tim Jatanras Polresta Pontianak Tangkap Komplotan Pencuri Kabel, Satu Orang Masih Buron

KalbarOnline, Pontianak - Tim Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak berhasil menangkap komplotan pencurian kabel listrik…

23 mins ago

Warga MHS Ketapang Dihebohkan ODGJ Gorok Leher Sendiri Hingga Tewas

KalbarOnline, Ketapang - Warga Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) dibuat heboh dengan…

26 mins ago

Kadiskop UKM Kalbar Turun Langsung Monitoring Tumbuh Kembang Anak Asuh Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar, Junaidi bersama Anggota Korps Pegawai Republik…

51 mins ago

Pimpin Upacara Hardiknas, Harisson Serukan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan…

60 mins ago

Lutfi Al Mutahar Optimis Jadi Calon yang Diusung PAN di Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Lutfi Al Mutahar meyakini kalau dirinyalah yang akan diusung oleh Partai Amanat…

14 hours ago