Ruas Jalan Provinsi di Kecamatan Sayan Tertimbun Longsor

KalbarOnline, Melawi – Hujan deras dengan intensitas cukup tinggi melanda Kabupaten Melawi dan mengakibatkan akses jalan provinsi Sayan – Kota Baru tertimbun longsor, pada Sabtu (08/10/2022) pagi.

Camat Sayan, Arif Santoso menjelaskan, longsor yang persis berada di jalur Desa Siling Permai, Kecamatan Sayan itu menyebabkan akses menuju 4 kecamatan, yakni Kecamatan Sayan, Tanah Pinoh, Tanah Pinoh Barat dan Sokan, lumpuh total.

Ia menyatakan, curah hujan memang cukup tinggi berlangsung selama sepekan terakhir ini. Terkait dengan kejadian longsor, pihak terkait telah berupaya mengatasinya, dan sementara ini baru posisi bahu jalan yang terbuka, sehingga hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Tuntaskan Peningkatan Jalan Bodok - Meliau Kabupaten Sanggau

Pihaknya juga sudah menyampaikan kondisi itu ke BPBD Melawi agar segera ditindaklanjuti. “Longsor masih dalam penanganan pihak terkait. Hingga sore ini akses jalan hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua,” kata Arif, saat dihubungi Sabtu (08/10/2022) sore.

Dirinya mengungkapkan, BPBD sudah memonitor dan mengecek kondis di lapangan. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak desa dalam upaya menindaklanjuti peristiwa tersebut.

Baca Juga :  Gubuk Tempat Istirahat Dibakar, Warga Bongkar "Jalan Miting" di Jelai Hulu Ketapang

“Kita juga menghubungi perusahaan perkebunan yang ada di sekitar lokasi untuk membantu penanganan longsor yang terjadi,” kata Arif.

Ia juga menambahkan, kalau material longsor yang memenuhi badan jalan cukup panjang dan tinggi, sehingga tidak bisa digali dengan menggunakan tenaga manusia. 

“Longsor besar, harus menggunakan alat berat,” jelasnya. (BS)

Comment