40 Prajurit Angkatan Laut Terima Pengarahan dari Gubernur Sutarmidji

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 40 anggota TNI Angkatan Laut tiba di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar Jalan Ahmad Yani, Kamis (06/10/2022) pagi.

Anggota TNI Angkatan Laut tersebut diantaranya terdiri dari 21 prajurit berpangkat Tamtama dan 19 prajurit berpangkat Bintara. 

Kedatangan para prajurit ini dalam rangka mendengarkan pengarahan langsung dari Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji setelah lulus Pendidikan Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban.

“Saya menerima kunjungan 40 anggota TNI AL dari seleksi Kalbar yang baru lulus Pendidikan. Saya berterima kasih kepada Komandan Lantamal XII Pontianak, setiap tahun penerimaan Bintara dan Tamtama dari Kalbar itu semakin banyak dan mereka menyampaikan bahwa masuk menjadi Prajurit TNI AL tidak ada pungutan dalam bentuk apapun,” ucap Sutarmidji.

Sutarmidji mengharapkan, kedepan akan semakin banyak anak-anak Kalbar yang berminat mendaftar, sehingga bisa semakin banyak kuota yang disediakan untuk Kalbar.

Baca Juga :  Ini Dua Lokasi Pilihan Mal Pelayanan Publik di Pontianak

“Hal ini karena Kalbar sangat membutuhkan banyak tenaga yang betul-betul terlatih untuk menjaga kekayaan alam yang kita miliki,” ujar Sutarmidji.

Di tempat yang sama, Komandan Lantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto mengutarakan, bahwa pada pendaftaran gelombang kedua, minat menjadi prajurit TNI Angkatan Laut di Provinsi Kalbar cukup tinggi. 

Seiring dengan data yang diterima, kalau jumlah pendaftaran asal Kalbar ada sekitar 600 orang, dan jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya.

“Kita berusaha supaya nanti jumlah yang mendaftar bisa menjadi 1.000 orang,  sehingga semakin banyak pendaftar maka semakin banyak kuotanya,” ujar Danlantamal Suharto.

Sejalan dengan itu, Lantamal XII Pontianak juga semakin gencar mempromosikan kepada masyarakat Kalbar–bagi yang berminat menjadi Anggota TNI Angkatan Laut. Karena di jajaran Lantamal XII Pontianak, menurutnya, masih banyak membutuhkan personel anggota TNI Angkatan Laut, seiring dengan peningkatan wilayah kerja di jajaran Lantamal.

Baca Juga :  Safari Ramadhan 1444 H, Gubernur Sutarmidji Ajak Umat Muslim Maju Dalam Segala Hal

“Tantangan kami di Lantamal XII Pontianak untuk memenuhi sampai 100 persen misalnya 1.000, ini dengan bertambahnya 40 orang ini kita sudah sampai 400 personel yang baru, untuk seluruh Kalbar masih sangat kurang,” katanya.

Apalagi nantinya, lanjut Danlantamal Suharto, pengajuan pembangunan 6 Lanal Sambas dan 8 Pos Angkatan Laut yang ada sekarang ini akan ditingkatkan, dengan dipimpin oleh perwira yang berpangkat kapten, sehingga membutuhkan penambahan personel.

“Kami masih butuh banyak personel. Kami juga membuka diri kepada masyarakat  sekarang ini. Kita membuka pelatihan-pelatihan di Pos Angkatan Laut dan Yonmarhanlan Marinir serta Mako Lantamal XII Pontianak dan Satrol,” ungkapnya.

“Harapannya setiap ada kesempatan, kita akan memberikan pelatihan kepada mereka-mereka yang mungkin berkesempatan dilatih supaya saat di tes itu sudah siap,” tuntas Danlantamal Suharto. (Jau)

Comment