Pangdam XII/Tpr Pimpin Upacara Parade HUT TNI ke-77 di Perbatasan Malindo

KalbarOnline, Sanggau – Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto memimpin upacara parade pada puncak peringatan HUT TNI ke-77 di wilayah perbatasan Malaysia-Indonesia (Malindo), Jalan Malindo, PLBN Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalbar, Rabu (05/10/2022).

Pelaksanaan upacara parade berlangsung hikmad. Dalam rangkaian upacara, Pangdam XII/Tpr bersama Forkopimda serta Pengurus Dharma Pertiwi Daerah L menyerahkan bantuan sosial untuk para veteran RI, masyarakat serta anak-anak perbatasan. 

Dalam kesempatan itu, pangdam melepas distribusi bantuan berupa 1000 paket sembako untuk masyarakat perbatasan yang dalam penyalurannya dilakukan oleh para babinsa.

Selanjutnya, digelar pula acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam XII/Tpr didampingi Ketua Dharma Pertiwi Daerah L, Helly Sulaiman Agusto. Potongan tumpeng diserahkan kepada Pasilog Kodim 1204/Sgu, Kapten Inf Asep Trisman Soemantri selaku prajurit dengan masa dinas terlama.

Para petinggi TNI di Kalbar saat itu juga menerima ucapan selamat dan kue ulang tahun TNI ke-77 dari para pejabat Forkopimda. Pangdam XII/Tpr dalam kesempatan ini menerima kue ulang tahun dari Kapolda Kalbar, Danlantamal XII/Ptk, dari Sekda Kalbar. Sedangkan Danlanud Supadio menerima dari Kajati Kalbar. 

Baca Juga :  Polisi Ringkus 10 Pelaku PETI di Kecamatan MHS Ketapang

Sebelum acara syukuran, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto menjelaskan, bahw peringatan HUT TNI tahun ini sengaja digelar di wilayah perbatasan. Menurutnya, karena selama ini masyarakat perbatasan selalu bahu membahu membantu TNI-Polri dan semua stakeholder menjaga wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Pangdam dalam kesempatan tersebut bersyukur dan berterimakasih kepada masyarakat perbatasan yang telah ikut serta membantu rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI. Hal tersebut sesuai dengan tagline HUT TNI bahwa “TNI Adalah Kita”, yang artinya semua masyarakat bersama-sama dengan TNI.

“Kami juga mengadakan kegiatan sosial, pengobatan gratis, sunatan massal dan pembagian sembako kepada masyarakat di perbatasan. Sehingga masyarakat juga merasa bahwa TNI selalu ada bersama mereka, itu tujuan kami mengadakan disini,” kata Pangdam XII/Tpr.

Baca Juga :  Sempat Masuk Karantina PLBN Entikong, TKI Lansia Asal Kapuas Hulu Sudah Dipulangkan

Sementar itu, Sekda Kalbar, Harisson turut mengucapkan dirgahayu TNI yang ke-77. “Kita mengucapkan kepada Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XII Tanjungpura yang selama ini benar-benar menunjukkan membantu pembangunan di Provinsi Kalbar,” ujarnya.

“Hari ini Kodam XII Tanjungpura memperingati HUT TNI di perbatasan. Ini menunjukkan keberpihakan TNI dan pemerintah untuk membangun dan terus memperhatikan kesejahteraan masyarakat di perbatasan,” sambung Harisson.

Sebagai informasi, untuk menghibur prajurit dan masyarakat perbatasan, juga dilaksanakan pesta rakyat yang juga dibagikan kuliner atau makanan secara gratis. Dalam pesta rakyat ini, diisi dengan kegiatan panggung prajurit, tari-tarian dan Reog Ponorogo serta atraksi pencak silat dari prajurit Yonif 642/Kps dan PSHT Entikong. (Pendam XII-Tpr/Jau)

Comment