Membangun Kepercayaan dengan Pasien Menjadi Kunci Kesuksesan dr Robby Dalam Memberikan Diagnosis Melalui Aplikasi Alodokter

KalbarOnline, Jakarta – Perkembangan teknologi di bidang kesehatan membawa manfaat terhadap masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah dengan munculnya telemedicine, dimana pasien dapat dengan mudah mengakses beragam layanan kesehatan melalui smartphone-nya di mana saja dan kapan saja, termasuk berkonsultasi mengenai keluhan penyakitnya kepada dokter terpercaya untuk mendapatkan diagnosis akurat.

Hal ini menjadi tugas Alodokter untuk membangun rasa percaya bahwa konsultasi antara dokter dan pasien melalui aplikasi kesehatan juga sama efektifnya, yang mana terbukti dengan dr Robby Hermawan SpOG, yang berhasil memperoleh review sempurna dari 10,000 lebih pengguna Alodokter.

Dokter Robby mendapatkan gelar kedokterannya setelah menamatkan pendidikannya di Universitas Diponegoro, Semarang. Berpraktik di RSIA Hermina Mutiara Bunda di Salatiga, Jawa Tengah, tidak menghentikan beliau untuk membantu pasien dari seluruh Indonesia melalui Alodokter. 

Sejak bergabung dengan Alodokter 3 tahun silam, kemampuan dr. Robby dalam menenangkan pasiennya sangat membantu ia untuk mendapatkan kepercayaan dari para pasiennya. Hal ini terbukti dari banyaknya tuaian pujian yang datang ke arahnya dari berbagai penjuru Indonesia.

Dalam menangani kasus melalui telemedicine, dr Robby Hermawan SpOG, atau yang biasa dipanggil dr Robby, sangat menekankan pentingnya bagi dokter untuk bisa mendapatkan dan menjaga kepercayaan pasien. Saat pasien memberikan keluhannya, langkah pertama yang ia lakukan adalah memastikan pasiennya tenang secara psikologis. Dengan psikis yang tenang, pasien cenderung lebih percaya dan menerima diagnosis dan anjuran dari dokter.

Baca Juga :  Pertolongan Pertama jika Lidah si Kecil Terbakar

“Penting untuk dokter bisa memberikan konsultasi online dengan maksimal dan memberikan analisa yang tepat rasa kepada pasien. Yang esensial adalah tangani emergency, berikan pasien ketenangan psikologis, dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang masih belum dipahami pasien supaya mereka merasa tenang dan aman.” ujar dr Robby Hermawan SpOG, Selasa 4 Oktober 2022.

Memang dengan konsultasi lewat aplikasi Alodokter, dokter tidak bisa melihat langsung reaksi pasien sehingga tidak bisa menambahkan penilaian kenyamanan pasien, namun hal ini justru mendorong dr Robby untuk menanyakan pertanyaan anamnesis dengan lebih jeli dan menyeluruh. Tak hanya itu, hasil USG atau Pap smear pasien sebelumnya selalu diminta olehnya untuk mendukung hasil konsultasi lewat fitur chat dokter.

Meskipun terdapat beberapa hambatan yang ditemukan dalam menangani konsultasi via telemedicine, dr Robby menyiasatinya dengan memberikan artikel yang mudah dimengerti kepada para pasien untuk mereka baca, dan dr Robby juga selalu siap menjawab pertanyaan yang diberikan apabila pasien membutuhkan panduan.

“Dari awal, dr Robby selalu memberikan perpaduan yang tepat antara pendidikan dan pengetahuan klinis terbaik dengan semangat yang kuat untuk memberikan perawatan yang terbaik bagi para pasiennya. Dokter seperti dr Robby inilah mengapa kami bisa memberikan layanan kesehatan terlengkap dan unggul di setiap langkah perjalanan medis masyarakat Indonesia” kata Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter.

Baca Juga :  Kenali Tanda-tanda Baby Blues pada Ayah

Dokter Robby selalu percaya bahwa telemedicine dapat meningkatkan pemberian layanan medis mudah, terjangkau, dan berkualitas di seluruh pelosok Indonesia. Ia percaya bahwa pemerintah perlu memperluas jaringan internet sehingga masyarakat Indonesia di pelosok manapun bisa mengakses layanan kesehatan dari manapun dan kapanpun dengan biaya yang rendah. 

Tentang Alodokter

Alodokter adalah platform kesehatan digital nomor satu di Indonesia dengan lebih dari 30 juta pengguna aktif setiap bulannya, serta lebih dari 80.000 dokter yang bergabung. Sejak tahun 2014, Alodokter telah unggul dalam menyediakan informasi kesehatan yang akurat, mudah dipahami, dan dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja dengan menyediakan 5 fitur utama yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan terbaik terkait kesehatan, baik secara pribadi maupun keluarga, yaitu: chat bersama dokter, belanja kebutuhan kesehatan secara aman dan praktis, buat janji konsultasi dengan dokter dan/atau mencari rumah sakit pilihan, artikel kesehatan terlengkap dalam bahasa Indonesia, perlindungan kesehatan tambahan dengan Aloproteksi. (Rilis/Jau)

Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi web www.alodokter.com dan kunjungi Instagram @alodokter_id.

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi: Arian Vivaldi, Vice President Marketing Alodokter (Telepon: +622125981930)

Lolo Sianipar, PR Consultant for ALODOKTER (Telepon: 0816996007/[email protected])

Comment