Lantik 74 Kepala Desa, Bupati Kapuas Hulu: Hindari Penyalahgunaan Wewenang 

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melantik 74 kepala desa (kades) terpilih pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2022, di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Rabu (05/10/2022). 

Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas Hulu menegaskan, bahwa tahapan pilkades serentak 2022 sudah selesai dilaksanakan, semua berjalan aman dan lancar. Ini tentunya karena dukungan semua pihak, baik itu penyelenggara, TNI, Polri dan para tokoh masyarakat.

“Sebagai kades terpilih, kalian jadi ujung tombak dalam pemerintahan. Kades dituntut berwawasan lebih,” tegas Fransiskus. 

Bupati meminta, agar para kades harus dibantu oleh masyarakat dalam menyelenggarakan otonomi desa, sehingga dapat mensejahterakan masyarakat itu sendiri. 

Sebaliknya, kades juga diminta harus komitmen untuk mendukung pembangunan program pemerintah daerah Kapuas Hulu yakni menuju Kapuas Hulu Hebat.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Tinjau Progres Pekerjaan Ruas Jalan Simpang Sayut - Nanga Saray

“Desa saat ini diberikan kesempatan besar untuk tata pemerintahan sendiri. Di dalam menjalankan roda pemerintahan tingkat desa, kades harus lakukan layanan cepat tepat dan responsif,” ucapnya.

Selanjutnya Bupati Kapuas Hulu yang karib disapa Bang Sis ini turut mengingatkan agar kepala desa dan aparatur desa melaksanakan dana desa secara transparan dan baik. Hindari penyalahgunaan wewenang yang bisa tersangkut hukum.

“Berdayakan perempuan di desa dan libatkan Badan Permusyawaratan Desa dalam kebijakan pemerintahan desa. Jadilah pemimpin yang baik,” ujarnya. 

Bupati juga mengarahkan para kades untuk aktif berkonsultasi dengan camat apabila ada persoalan. 

“Dari hal kecil yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh akan bangun kepercayaan masyarakat pada pemerintah di desa,” tutur Bupati Sis.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Tutup turnamen Sepakbola Angkasa Cup Semitau 2022

Sementata kepada kades sebelumnya, Bupati Sis menyampaikan apresiasi atas dedikasinya membangun desa selama ini. 

Sebelumnya, berdasarkan data dari DPMD Kabupaten Kapuas Hulu, jumlah desa yang melaksanakan pilkades serentak yakni sebanyak 74 desa, dimana kades yang tidak mencalonkan kembali 24 orang, dan petahana yang mencalonkan diri ada 50 orang.

“Petahana yang kembali terpilih menjadi kepala desa ada sebanyak 23 orang, dan kemudian petahana yang tidak terpilih lagi sebagai kepala desa 27 orang,” ucap Rupinus.

Kegiatan pelantikan kades terpilih tahun 2022 ini turut disaksikan Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, jajaran Forkopimda Kapuas Hulu, Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini, Ketua TP PKK Kapuas Hulu, Angeline Fremalco, para Kepala OPD Kapuas Hulu dan jajaran. (Ishaq)

Comment