Guru Dituntut Untuk Kreatif dan Inovatif

KalbarOnline, Pontianak – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Guru se-Kalimantan Barat dalam rangka memperingati HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 resmi dihelat. 

Kegiatan tersebut dimulai dengan upacara pembukaan dan defile dari perwakilan PGRI se-kalimantan Barat yang berlangsung di halaman IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Pontianak, Senin (03/10/2022). 

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta pengalaman masing – masing dalam pengabdiannya sebagai tenaga pendidik di wilayah kalimantan barat.

“Saya berharap, kegiatan Porseni yang dilaksanakan oleh PGRI Provinsi Kalimantan Barat ini dapat menjadi wadah dalam pengembangan sportivitas dan kreativitas, kerja sama tim yang terkoordinasi, menjalin kebersamaan, berkompetisi secara sehat dan berkualitas, serta penuh persaudaraan dan bermakna,” ujar Sekda Kalbar, Harisson dalam pidatonya. 

Untuk diketahui, Hari Guru Nasional Tahun 2022 ini mengangkat tema tentang “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”. Dengan ini, guru mendapat tantangan dalam mengkreasikan suasana belajar agar peserta didik dapat belajar dengan gembira dan mengekspresikan pendapat mereka di dalam kelas. 

“Guru merupakan ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa, sekaligus menjadi agen transformasi dalam proses penguatan SDM, melalui kerangka besar Merdeka Belajar, yaitu mewujudkan profil pelajar pancasila,” kata Harisson.

“Oleh karenanya, seorang guru dituntut harus kreatif dan inovatif dan mampu memanfaatkan teknologi informasi demi mencetak generasi yang handal kedepannya,” tutupnya.

Kegiatan itu turut dihadiri Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Rita Hastarita, Pengurus PGRI Provinsi Kalbar dan para peserta yang terdiri dari PGRI Kab/Kota Se-Kalimantan Barat. (Jau)

BACA JUGA:  Songsong Indonesia Emas 2025, Sekda Kalbar: Peran Remaja Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Comment