Categories: KesehatanMelawiSosBud

Bupati Dadi Ajak Semua Pihak Cegah Pernikahan Dini

KalbarOnline, Melawi – Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa mengajak semua pihak untuk mencegah terjadinya pernikahan dini, karena dampaknya sangat kompleks, baik bagi yang bersangkutan maupun anak yang akan dilahirkan.

Hal itu disampaikan Bupati Dadi di acara diskusi publik tentang “Dampak Perkawinan Anak Pada Aspek Pendidikan, Kesehatan dan Kemiskinan”, di salah satu hotel di Nanga Pinoh, Selasa (04/10/2022).

Dadi mengatakan, masalah perkawinan anak merupakan masalah bersama, karena dampaknya mengakibatkan banyak kegagalan yang dialami oleh negara, masyarakat, keluarga, bahkan anak itu sendiri.

“Saya berharap sinergitas bersama antara pemerintah dengan lembaga masyarakat, dunia usaha dan media dapat mengubah cara pandang orang tua dan keluarga untuk memerdekakan anak dari jerat praktik perkawinan anak usia dini,” harapnya.

Dijelaskannya pula, perkawinan anak akan menimbulkan dampak pada aspek pendidikan, karena anak putus sekolah, aspek kesehatan dan aspek ekonomi yaitu kemiskinan.

Menurutnya, tingginya perkawinan anak usia dini akan berpengaruh terhadap rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 

“Harus ada partisipasi dari masyarakat dan orang tua. Utamanya untuk membimbing anaknya sendiri agar tidak terjerumus bahkan melakukan pernikahan usia dini secara terpaksa,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas P2KBP3A Melawi, Marniyati juga mengungkapkan, bahwa pihaknya telah melakukan berbagai pencegahan pernikahan anak seperti program Generasi Berencana (GenRe) guna menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Marniyati menjelaskan, penyebab utama perkawinan usia anak diantaranya adalah masalah ekonomi, budaya kultur masih adanya perjodohan, dan pergaulan bebas.

“Sedangkan dampak lain perkawinan usia anak, bisa memicu perceraian, karena secara fisik maupun mental memang belum siap, sehingga sering terjadi perselisihan dan sebagainya,” jelasnya. (BS)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Polres Kapuas Hulu Gelar Pelatihan Profesionalisme Fungsi Intelkam Bagi Personel

KalbarOnline, Putussibau - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan membuka pelatihan profesionalisme personel Intelkam Polres Kapuas…

4 hours ago

Suami di Kubu Raya Pergoki Istrinya Diduga Selingkuh dengan Seorang Tokoh Agama

KalbarOnline.com – Beredar di media sosial sebuah video seorang suami di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten…

7 hours ago

HUT ke-41 BPKP, Romi Wijaya: Semakin Akseleratif dan Independen

KalbarOnline.com – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya menghadiri upacara peringatan Hari ulang tahun…

8 hours ago

Seorang Pemuda di Kubu Raya Nekat Curi Troli Basarnas untuk Modal Judi Slot

KalbarOnline – Seorang pemuda di Kubu Raya berinisial ED (29) diamankan polisi terkait kasus pencurian.…

8 hours ago

Bappeda Pontianak Ajak Stakeholders Identifikasi Potensi Risiko Pembangunan SPALD-T

KalbarOnline.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pontianak menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk…

8 hours ago

Ani Sofian Instruksikan Dishub Pontianak Tertibkan Truk Kontainer Tanpa Twist Lock

KalbarOnline.com – Insiden jatuhnya boks kontainer di jalan raya sudah beberapa kali terjadi di Pontianak.…

8 hours ago