Bupati Kapuas Hulu Hadiri Pengarahan Presiden Terkait Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia

KalbarOnline, Jakarta – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri dan mendengarkan langsung pengarahan yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), terkait Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center, Kamis (29/09/2022).

Dimana dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta kepada seluruh jajaran terkait untuk menindaklanjuti aksi afirmasi BBI dengan mempercepat realisasi komitmen belanja produk dalam negeri.

Hadir dalam pengarahan tersebut, seluruh menteri, kepala lembaga, kepala daerah, pimpinan badan usaha milik negara (BUMN), panglima komando daerah militer (pangdam), kepala kepolisian daerah (kapolda), dan kepala kejaksaan tinggi (kajati). 

“Jangan sampai, sekali lagi, dalam posisi ekonomi yang tidak mudah ini, APBN, APBD, yang uangnya dikumpulkan dari pajak, dari Bea Cukai, dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dari dividen (bagi hasil) BUMN, dikumpul, kemudian ditransfer ke daerah tapi belinya barang-barang impor,” tegas presiden.

Baca Juga :  Rumuskan Anggaran Sesuai Visi Misi Kapuas Hulu HEBAT

Secara khusus, presiden menekankan untuk membeli produk yang diproduksi oleh usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta koperasi. Presiden pun mengapresiasi semakin banyaknya produk UMKM dan koperasi yang masuk ke dalam e-katalog.

“Saya senang, Alhamdulillah, dari target yang saya berikan 1 juta untuk akhir tahun, produk-produk UMKM dan koperasi yang telah masuk ke e-katalog sudah mencapai di atas 1 juta–yang sebelumnya baru 50 ribu, melompat cepat sekali,” ujarnya.

Terdapat tiga poin dalam pengarahan Presiden Jokowi kemarin, diantaranya mengenai pengendalian inflasi di daerah, tindak lanjut aksi afirmasi bangga buatan Indonesia dan pembahasan mengenai pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

Menanggapi instruksi tersebut, secara tegas Bupati Fransiskus Diaan mengatakan bahwa Kabupaten Kapuas Hulu siap menjalankan arahan dan pesan dari orang nomor satu di RI itu. 

Baca Juga :  Harisson dan Windy Periksa Asupan Gizi Keluarga Stunting di Kampung Prajurit Putussibau Utara

“Saya berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menggelorakan aksi bangga buatan Indonesia, yang mana merupakan salah satu strategi percepatan pemulihan ekonomi akibat wabah pandemi Covid-19 melalui penggunaan produk dalam negeri yang diproduksi oleh UMKM,” terang pria yang karib disaat Bang Sis itu.

Terkait soal angka kemiskinan, Bupati Sis menyatakan siap dan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menekan jumlah kemiskinan di Kabupaten Kapuas Hulu. 

“Yang jelas, berbagai pesan dan amanat yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Kabupaten Kapuas Hulu siap mewujudkannya,” tegasnya.

“Dengan visi ‘Kapuas Hulu HEBAT’, yaitu ingin mewujudkan Kabupaten Kapuas Hulu yang Harmonis, Enerjik, Berdaya Saing, Amanah dan Terampil, maka kita optimis dan siap menyelaraskan berbagai pesan dan visi-misi pemerintah pusat ini dengan sebaik mungkin,” tutupnya. (Ishaq)

Comment