Pokdar Kamtibmas Melawi Serukan Jaga Kondusifitas Jelang Pilkades

KalbarOnline, Melawi – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Melawi sudah semakin dekat. Seluruh lapisan masyarakat diminta menyambut pesta demokrasi enam tahunan tersebut dengan rukun.

Sesuai jadwal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Melawi, pelaksanaan pilkades akan dilaksanakan pada 19 Oktober 2022 di 49 desa pada 10 kecamatan dari 11 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Melawi.

Ketua Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Melawi, Taufik menjelaskan, pilkades merupakan hal biasa dalam berdemokrasi. Hal itu guna menentukan dan memilih pemimpin yang terbaik dan bisa membawa perubahan khususnya di masing-masing desa agar lebih maju.

“Beda pendapat atau beda pilihan silakan, sah-sah saja. Jangan terpancing emosi. Wajib hukumnya menjaga kondusifitas wilayah. Desa harus aman dan jangan anarkis,” ujar Taufik, Kamis (29/09/2022).

Taufik memandang penting jaminan kamtibmas, karena menjadi salah satu bentuk kedewasaan dalam pelaksanaan memilih pemimpin seperti saat pilkades. 

“Kita semua mesti berperan komitmen untuk senantiasa menjaga kondusifitas selama pelaksanaan tahapan pilkades serentak tahun ini,” ujar Wakil Ketua DPRD Melawi itu.

Dia mengungkapkan, kondisi Kabupaten Melawi sejauh ini tergolong kondusif. Maka dalam pesta demokrasi tingkat desa ini jangan sampai tercoreng hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, hingga tahapan penetapan kepala desa terpilih.

Kepada para calon kepala desa yang bertarung dan tim suksesnya, Taufik berharap bisa mengendalikan diri serta bisa bersama-sama mewujudkan Pilkades yang aman dan damai di wilayah desa masing-masing.

“Setiap tim sukses masing-masing calon untuk bisa mengarahkan para pendukungnya, agar bisa bersikap baik dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang melawan hukum,” pesannya. (BS)

BACA JUGA:  Satuan Intelkam Polres Sintang Monitor Penyaluran LPG 3 Kg

Comment