Progres Pembangunan RS di Pontianak Utara Capai 87 Persen, Wako Edi: Akhir Tahun Ini Sudah Mulai Dioperasikan

KalbarOnline, Pontianak – Proses pengerjaan pembangunan rumah sakit tipe D di Pontianak Utara masih berjalan. Rumah sakit yang mulai dikerjakan sejak akhir tahun 2021 ini dibangun dengan menelan anggaran sebesar Rp 49 miliar secara multiyears. 

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, progres pembangunan rumah sakit yang berlokasi di Jalan Khatulistiwa Pontianak Utara itu kini diperkirakan sudah mencapai 87 persen. Ia berharap akhir tahun ini sudah bisa mulai beroperasi.

“Saya inginnya bulan November tahun ini sudah rampung, karena mau kita resmikan, atau paling lama Desember sudah mulai beroperasi melayani pasien,” ungkapnya saat meninjau proses pembangunan rumah sakit tersebut, Selasa (27/09/2022).

Lebih lanjut Edi menerangkan, gedung yang terdiri dari tiga lantai ini memiliki kapasitas 75 tempat tidur, Ruang Unit Gawat Darurat (UGD), Ruang Intensive Care Unit (ICU) serta ruang perawatan. 

“Selain itu ada poliklinik dan lift, termasuk kelengkapan untuk keselamatan bangunan seperti hydrant, alarm, smoke detector, apar pemadam kebakaran dan jalur evakuasi apabila terjadi bencana,” sebutnya.

Baca Juga :  Produk Kerajinan Tangan Kubu Raya Tampil di INACRAFT 2018

Adapun pelayanan yang tersedia di rumah sakit tipe D ini diantaranya ruang bersalin sebagai pelayanan utama, penyakit yang diakibatkan dari kecelakaan, penyakit dalam dan operasi ringan juga bisa dilakukan di rumah sakit ini. 

Edi juga mengharapkan, keberadaan rumah sakit di wilayah Pontianak Utara ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat di kawasan sekitar dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meninjau pengerjaan pembangunan Gedung Rumah Sakit Tipe D di Pontianak Utara. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meninjau pengerjaan pembangunan Gedung Rumah Sakit Tipe D di Pontianak Utara. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

“Untuk penanganan pasien yang membutuhkan perawatan khusus, akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar,” ujar Edi.

Ia menyebut, sumber daya manusia yang akan mengisi rumah sakit ini juga telah disiapkan, termasuk dokter dan tenaga kesehatan maupun perawat. Pihaknya akan mengatur penempatan beberapa dokter spesialis di rumah sakit Pontianak Utara itu.

Baca Juga :  Pontianak Terpilih Sebagai Open Data secara Nasional

“Tujuan didirikannya rumah sakit tipe D di Pontianak Utara ini untuk memberikan layanan kesehatan yang cepat dan mudah dijangkau bagi warga Pontianak Utara dan sekitarnya,” kata Edi menekankan.

Renovasi Puskesmas 

Keberadaan puskesmas menjadi fasilitas kesehatan penunjang yang ada hampir di setiap kelurahan. Oleh karenanya, pada hari yang sama, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono juga meninjau Puskesmas Khatulistiwa yang ada di Kelurahan Batu Layang Pontianak Utara.

Di puskesmas tersebut, menurutnya memang ada beberapa bagian bangunan atau ruang yang bocor dan rusak termakan usia. Untuk itu, pihaknya juga berencana merenovasi bangunan puskesmas agar lebih layak. 

Namun apabila kapasitasnya dinilai sudah tidak memadai atau usia bangunannya sangat mengkhawatirkan, maka puskesmas itu akan dibangun baru di atas lahan yang sama.

“Puskesmas juga bagian dari upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” terang Edi. (Jau)

Comment