Polsek Batu Ampar Evakuasi Korban KM Harapan Jaya yang Karam di Perairan Padang Tikar 

KalbarOnline, Kubu Raya – Polsek Batu Ampar melakukan evakuasi terhadap korban yang merupakan awak dari Kapal Motor (KM) Harapan Jaya yang karam di perairan Padang Tikar, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya, pada Jumat (23/09/2022) sekira pukul 13.00 Wib.

Kapolsek Batu Ampar, IPDA Freddy Surya Purnama menerangkan, tenggelamnya KM Harapan Jaya tersebut diakibatkan oleh hantaman gelombang besar pada saat sedang melintas dari Rasau Jaya ke Desa Sungai Besar, Kecamatan Batu Ampar. Evakuasi korban pun langsung dilakukan pasca pihaknya mendapat laporan.

“Kami melakukan pengecekan TKP, serta membantu evakuasi Korban. Selanjutnya berkoordinasi dengan Polairud dan perhubungan setempat,” ujarnya.

Baca Juga :  Sadis, Pelaku Jambret dan Aniaya Penyandang Tuna Rungu, Kasat: Korban Diinjak-injak dan Dicekik

Lebih lanjut, Freddy membeberkan kronologi singkat tenggelamnya KM Harapan Jaya, yang bermula dari buruknya kondisi cuaca kala itu, dimana terdapat gelombang air setinggi kurang lebih 2 meter dan masuk ke dalam KM Harapan Jaya, sehingga menenggelamkannya.

“Akibat gelombang besar masuk ke dalam motor air menenggelamkan separuh kapal. Pada saat kejadian ABK kapal berupaya mengeluarkan air yang masuk ke dalam kapal menggunakan mesin robin, tapi tidak terkendali dikarenakan angin kencang, “ ungkap Freddy.

Ia menambahkan, bahwa posisi tenggelamnya KM Harapan Jaya berada di sekitar Kepala Tanjung Desa Padang Tikar Satu, Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Adapun untuk kerugian materiil sendiri, yakni mencapai kurang lebih Rp 60 juta.

Baca Juga :  Kunjungi Pemkab Kubu Raya, KPK Usulkan Perbup Tentang Gratifikasi

“Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, kapal hanya membawa barang berupa pasir pasir 700 karung, semen Con 70 karung, racun rumput 5 kotak dan 3 buah kasur spring bed,” jelasnya.

Saat berlayar, lanjut Freddy, bahwa KM Harapan Jaya tidak membawa penumpang, selain hanya ada 1 orang nahkoda dan 2 orang ABK yang kini dalam keadaan selamat,

Terakhir, Freddy mengimbau kepada semua pemilik angkutan umum di wilayah perairan, wajib melengkapi kapalnya dengan peralatan life vest untuk keamanan berlayar. (Jau)

Comment