Kapolda Kalbar Optimis, Walau Tertatih-tatih Temajuk Bisa Seperti Bali

KalbarOnline, Sambas – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Suryanbodo Asmoro turut memuji keindahan Pulau Temajuk yang terletak di dekat perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Sambas. Menurutnya keindahan alam yang orisinil seperti inilah yang sangat didamba-dambakan oleh turis asing.

“Seperti inilah yang didambakan pariwisata dari luar negeri seperti Australia, kalau di sana musim dingin pasti datang ke Bali,” katanya saat menghadiri Festival Pesona Temajuk, Kabupaten Sambas, Sabtu (24/09/2022).

Ia menilai, jika secara bertahap Temajuk terus mendapat support, maka bukan tidak mungkin magnet wisata Temajuk akan bisa menjadi seperti Bali.

“Mudah-mudahan di Temajuk ini bisa mengikuti pariwisata seperti di Bali, walaupun tertatih-tatih, kita harus optimis pasti bisa,” serunya.

Kapolda pun setuju dengan apa yang disampaikan Gubernur Kalbar, Sutarmidji, agar Festival Pesona Temajuk ini dapat terus dilaksanakan secara rutin, supaya ada getaran suara sampai kemana-mana, hingga memantik perhatian dunia untuk datang ke Temajuk.

“Festival Pesona Temajuk ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Kalbar bersama Polda Kalbar melalui Direktorat Lalu Lintas dalam rangka HUT Lalu Lintas ke-67,” katanya.

“Kali ini dilaksanakan di Temajuk untuk mendorong Temajuk sebagai destinasi unggulan pariwisata Kalbar secara nasional maupun internasional,” tambahnya.

HUT Lantas ke-67

Sebelumnya, terkait perayaan HUT Lalu Lintas ke-67, Suryanbodo menekankan akan pentingnya menanamkan pengetahuan tentang keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

“Festival Pesona Temajuk yang dipadu serasikan dengan HUT Lalu Lintas ke-67 ini juga dirangkai dengan aksi baksos, pemberian bansos, dan bakti kesehatan,” katanya.

Selain itu, juga dilaksanakan rally wisata dan bhakti bhayangkara khatulistiwa ekspedition. Dimana dalam pelaksanaannya, Polda Kalbar juga berkolaborasi dengan Pemprov Kalbar. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun budaya tertib lalu lintas dan mendorong Temajuk sebagai destinasi unggulan di Kalbar.

BACA JUGA:  Masih Ada yang Takut Disuntik Vaksin Covid-19 di Kota Pontianak?

“Kemudian dilaksanakan pula Aruk Border Kreatif Festival yang tadi pagi dilaksanakan, yaitu mengibarkan merah putih raksasa berukuran 20 x 100 meter dengan tujuan menggelorakan semangat kebangsaan sebagai bentuk cinta tanah air, dalam mempertahankan setiap jengkal tanah ibu pertiwi. Namun tetap menjunjung tinggi nilai persatuan, hidup berdampingan dengan negara tetangga,” ujarnya.

Masih dalam satu rangkaian yang sama, kemudian digelar juga Festival Wonderfull Temajuk.

“Yaitu kegiatan yang sedang kita laksanakan saat ini, berupa pagelaran festival seni budaya, musik, kuliner, dalam rangka mengenalkan keindahan dan kekayaan alam serta keramahtamahan Temajuk sebagai destinasi wisata unggulan Kalbar,” katanya.

selanjutnya, dilaksanakan pula kegiatan safety riding dan safety driving yang berupa kegiatan edukasi oleh petugas Polri untuk menanamkan pengetahuan tentang berlalu lintas kepada peserta rally wisata dan off-road festival Temajuk. Dalam kegiatan ini juga akan didistribusikan sebanyak 1000 helm berkualitas SNI kepada Pokdarwis Temajuk.

“Kita bersyukur beberapa rangkaian kegiatan diatas telah terlaksana dengan baik,” tutup Kapolda Kalbar. (Jau)

Comment