Tradisi Robo’-Robo’ di Melawi, Warga Gelar Doa Tolak Bala dan Makan Bersama

KalbarOnline, Melawi – Tradisi ritual Robo’-Robo’ masih melekat di berbagai daerah di Kabupaten Melawi. Kali ini Robo’-Robo’ digelar oleh warga Desa Paal, Kecamatan Nanga Pinoh, Rabu (21/09/2022).

Terlihat, nasi beserta lauk pauk dan kue-kue tradisional beraneka rasa disajikan untuk merayakan Robo’-Robo’. Warga yang menghadiri Robo’-Robo’ saling berbagi sajian yang dibawa mereka masing-masing untuk makan bersama.

Dedi Irawan, seorang kepala dusun di Desa Paal yang menghadiri ritual Robo’-Robo’ tersebut mengatakan, pelaksanaan ritual Robo’-Robo’ ini diadakan setiap tahunnya, untuk doa tolak bala atau doa meminta keselamatan.

Baca Juga :  Tiba di Pontianak, Kadisporapar se-indonesia Ikuti Rakornas Pemasaran Pariwisata Nusantara

“Makna utama dalam pelaksanaan tradisi Robo’-Robo’ yakni berdoa kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan. Karena, masyarakat meyakini Allah SWT menurunkan bala atau bencana di bulan Safar,” katanya.

Dia menjelaskan, budaya Robo’-Robo’ ini merupakan bagian dari tradisi yang setiap tahunnya digelar pada hari Rabu terakhir, di bulan Safar penanggalan tahun Hijriah. 

Baca Juga :  Bupati Fransiskus bersama PLN Resmikan Listrik di 7 Desa Wilayah Lintas Utara Kabupaten Kapuas Hulu

Dedi menyebut, budaya Robo’-Robo’ ini turut menjadi momentum meningkatkan silaturahmi dan mempererat kebersamaan di masyarakat, salah satunya melalui makan saprahan bersama yang berkumpul di pekarangan rumah warga, sehingga terjalin kekompakan.

“Ini merupakan warisan dari nenek moyang kita dahulu dan sudah menjadi tradisi. Dan ini wajib kita lestarikan, juga sebagai wujud syukur kepada Allah SWT,” jelasnya. (BS)

Comment