Jadikan PLUT Diskop UKM Provinsi Sebagai Kampus Pelaku UMKM di Kalbar 

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar akan menjadikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) sebagai rumah besar atau kampus bagi para UMKM di Kalbar. 

Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Diskop UKM Provinsi Kalbar, Suherman mengatakan PLUT adalah pusat terpadu yang memiliki 8 tugas, diantaranya untuk pendampingan bidang kelembagaan, pemasaran, IT, SDM, produksi, jaringan kerjasama dan pembiayaan. 

“Jadi ini (PLUT) Diskop UKM Provini kedepan akan menjadi Kampus UKM . PLUT ini akan menjadi rumah besar bagi UMKM,” kata Suherman kepada awak media, Minggu (18/09/2022).

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Dorong IWAPI Bersinergi dengan Berbagai Pihak Kembangkan UMKM

Dengan kata lain, petugas PLUT akan ikut mendorong UMKM, khususnya yang baru merintis, untuk bagaimana bisa mendaftarkan perizinan dan lainnya.

“Misalnya kalau kuliner, bagaimana dia  mendapatkan label halal, pada produk kecantikan dan herbal atau obat bagaimana mendorong mereka untuk mendapat surat izin halal dari BPOM. Pelaku UMKM agar bisa mendaftarkan merek dagang atau HAKI,” terang Suherman.

Selain itu, sesuai Permen PP nomor 7 Tahun 2021, bahwa sekarang pemerintah bukan hanya memberikan berupa umpan, tapi juga pancing. Karena diharapkan kemandirian pelaku UMKM. 

Baca Juga :  Coffee Morning, Wabup Farhan Ajak HIPMI Ketapang Perkuat Sinergi Bangun UMKM Mafan

Ia mengatakan, pelatihan dan cara mendapatkan legalitas secara mudah dengan OSS merupakan salah satu bantuan yang sangat mempermudah UMKM. Kemudian dari sisi pemasaran, para pelaku bisa masuk ke portal lelang atau marketplace maupun E-Katalog. 

“Bukan hanya semata diberikan bantuan dalam bentuk uang tapi berupa pelatihan , istilahnya mengangkat capacity building pelaku UMKM sehingga bisa berdaya saing,” maksudnya. 

“Sekarang pemerintah mulai memberikan pancingan ketika UMKM untuk mampu menjadi mandiri dan bisa berdaya saing pada produknya,” pungkas Suherman. (Jau)

Comment