Promosikan Potensi Daerah, Pemkab Kubu Raya Ikuti Jogja Craft Indo

KalbarOnline, Sleman – Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo turut menghadiri pembukaan Jogja Craft Indo di Sleman City Hall Yogyakarta, Jumat (16/09/2022).

Jogja Craft Indo merupakan pameran perdagangan, UMKM, pariwisata, ketahanan pangan dan investasi yang digelar selama tiga hari, mulai 16-18 September 2022, di Sleman City Hall. 

Wabup Sujiwo mengatakan, keikutsertaan Kabupaten Kubu Raya di pergelaran Jogja Craft Indo bertujuan mengenalkan potensi dan produk unggulan daerah di tingkat nasional. 

Sujiwo menyatakan, partisipasi Kubu Raya pada Jogja Craft Indo ini sangatlah strategis. Sebab menurutnya, pameran tersebut juga menjadi forum bagi adanya interaksi bisnis yang dapat meningkatkan pemasaran–yang tidak saja di dalam negeri–tapi juga di luar negeri. 

“Mudah-mudahan tujuan utama supaya produk kita dikenal dan kemudian bisa mendapatkan pasar dapat terwujud. Sehingga para pelaku UMKM di Kubu Raya ini mempunyai market yang jelas ke depannya dan berbagai produk kita dikenal oleh daerah lain,” tuturnya. 

Baca Juga :  Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-21 di Kubu Raya Dikomandani Wanita

Pelaksana Tugas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya, Maria Agustina mengatakan, bahwa dalam pameran ini, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tidak menjual langsung produk yang dipamerkan kepada pengunjung yang datang. 

Sebab, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu selaku dinas yang mempromosikan potensi dan produk unggulan daerah lebih berupaya memperkenalkan dan memfasilitasi antara pembeli dan produsen.  

“Nah, makanya di sini kami hanya membawa tester-tester dan contoh-contoh produk unggulan kita baik dari UMKM maupun dekranasda. Dan di sini juga kita mencoba mengenalkan potensi Kabupaten Kubu Raya–khususnya tema kali ini kita angkat tentang mangrove yang menjadi unggulan di Kubu Raya,” jelasnya. 

Karena itu, lanjutnya, yang menjadi prioritas adalah memperkenalkan daerah dan potensi-potensi unggulan daerah termasuk beragam produk UMKM yang ada. 

Baca Juga :  Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Salurkan Bapokting untuk Korban Banjir di Kalbar

“Walaupun ada beberapa produk kita yang terkesan mirip dengan sejumlah produk dari daerah lain, kita tetap yakin dan optimistis bahwa produk-produk kita punya kekhususan sendiri,” katanya.

“Tadi ada beberapa pengunjung pameran yang tertarik dengan miniatur sampan menanjak produk kita. Selain itu juga ada beberapa yang mencoba coklat kita dan mereka mengakui bahwa coklat kita rasanya tidak kalah dengan coklat produksi daerah lain,” ungkap Maria. 

Lebih lanjut Maria juga menyampaikan, jika di ajang Jogja Craft Indo ini, pihaknya membuka akses komunikasi antara calon pembeli dengan para pelaku UMKM di Kubu Raya.

“Nah, ini yang kita harapkan bahwa masyarakat mengenal dulu tempat kita dan kalau mereka berminat, mungkin dalam kapasitas cukup besar, kita memberikan identitas para UMKM kita di mana nanti mereka bisa berkomunikasi secara langsung,” pungkasnya. (Rilis/Jau)

Comment