Kenalkan Budaya Saprahan Sejak Dini Lewat Festival

KalbarOnline, Pontianak – Guna melestarikan dan mengenalkan budaya besaprah kepada generasi muda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak menggelar Festival Saprahan Pelajar tingkat SMP se-Kota Pontianak, Kamis (15/09/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh 170 pelajar dari 17 SMP Negeri itu dipusatkan di Rumah Adat Melayu.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, bahwa budaya saprahan merupakan cara makan yang telah ada sejak zaman dahulu dan merupakan warisan leluhur saat menjamu para tamu pada perayaan hari besar. Ia pun mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk menjaga bersama budaya saprahan.

“Besaprah adalah adab dalam memuliakan tamu, umumnya era sekarang budaya saprahan banyak ditinggalkan dengan cara modern,” ujarnya usai membuka Festival Saprahan Pelajar.

Edi berharap, kegiatan ini dapat menjadi pengingat untuk menjaga kebudayaan khas Kota Pontianak yang lainnya. Apabila terdapat perpaduan dengan kebiasaan modern, ia ingin untuk tetap mengedepankan pakem dari budaya tersebut.

“Misalnya hidangan dan varian makanan boleh disesuaikan kondisi. Tapi tetap ada menu pokok yang harus jadi ikon hidangan saprahan Kota Pontianak seperti nasi kebuli, pacri nanas, semur dan acar misalnya. Minuman juga ada seperti air sepang harus ada. Dengan begini jadi branding yang kuat untuk Kota Pontianak,” tuturnya.

Baca Juga :  Pontianak Ingin Jadi Kota Ramah Pejalan Kaki, Edi Rusdi Kamtono: Teduh di Siang Hari, Terang Benderang di Malam Hari

Ia juga mengingatkan soal sikap atau etika saat menyantap hidangan. Dimana cara duduk menjadi penilaian tersendiri saat saprahan. Edi menyampaikan, banyak keunggulan yang didapat dengan besaprah, di antaranya kesehatan dan kebugaran.

“Hasilnya akan optimal jika dimakan dengan etika. Tidak hanya menjadi energi, tapi juga memiliki nilai sejarah. Hal seperti ini yang harus dipahami generasi muda,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Sri Sujiarti memaparkan, diselenggarakannya festival saprahan ini bermaksud sebagai wujud tanggung jawab moral dan kepedulian terhadap nilai kearifan lokal yang tumbuh dan berkembang di Kota Pontianak, selain untuk meningkatkan silaturahmi yang baik di kalangan generasi muda. 

“Agar mengenal, memahami dan bangga dengan budaya lokal,” terangnya.

Sri mengatakan, dalam festival ini, terdapat tiga orang juri yang ditunjuk. Ketiga juri itu, lanjutnya adalah, Sejarawan Kota Pontianak, Syafaruddin Usman, Penggiat Budaya, Rahmawati dan Penggiat Adat Istiadat, Syarifah Maryanti. 

Baca Juga :  DJPb: Realisasi Dana Covid-19 Kalbar Masih Rendah

“Sumber dana festival ini dibebankan pada APBD Disdikbud Kota Pontianak tahun 2022,” imbuhnya.

Dewan Juri Festival Saprahan, Syafaruddin Usman menjelaskan, terdapat beberapa aspek yang dinilai dalam lomba tersebut, yaitu tata boga dan tata busana. Khusus tata boga, terang Bang Din sapaan akrabnya, yaitu tentang cita dan citra rasa kekhasan kuliner. Sedangkan untuk tata busana yang akan diperhatikan etika penyajian.

“Etikanya itu yang dimaksud kesesuaian memadukan adat dan budaya serta cara mempersilahkan tamu menikmati kuliner tersebut,” terangnya,

Bang Din menjelaskan, adapun yang menjadi ciri khas menu dari saprahan Kota Pontianak ketimbang daerah lain, adalah bumbu yang terkandung kebanyakan percampuran menu Melayu dan Timur Tengah. Ia turut mengapresiasi festival saprahan ini. Menurutnya, pengenalan budaya harus dilakukan sejak dini.

“Supaya anak muda tidak asing dan tidak canggung dengan budayanya sendiri,” pungkasnya. (Jau)

Comment