Wabup Kubu Raya Harap Aspektir Bantu Pemerintah Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sawit

KalbarOnline, Kubu Raya – Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menyambut baik kehadiran Asosiasi Petani Kelapa Sawit Inti Rakyat (Aspektir) di Kabupaten Kubu Raya. Organisasi yang di tingkat pusat sudah terbentuk sejak tahun 2018 itu pun diharapkannya dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit. 

“Pemerintah selalu memandang semua organisasi itu sebagai mitra, termasuk lah Aspektir ini. Di Kubu Raya baru terbentuk bulan Agustus 2022 kemarin, tetapi secara nasional sudah ada sejak 2018,” katanya saat menerima audiensi pengurus Aspektir Kubu Raya dan Kalimantan Barat di ruang Kerja Wakil Bupati, Selasa (13/09/2022).

“Sebagaimana yang menjadi visi dan tujuan dari Aspektir, maka pemerintah juga menaruh harapan agar Aspketir bisa membantu pemerintah mendongkrak kesejahteraan petani sawit di Kubu Raya,” tambah Sujiwo.

Baca Juga :  Material Imbal Swadaya di Rasau Jaya Umum Telah Didistribusikan

Sujiwo menambahkan, bahwa industri kelapa sawit berperan strategis dalam pembangunan ekonomi daerah. Sebagai salah satu penghasil kelapa sawit, Kabupaten Kubu Raya dikatakannya turut merasakan manfaat dari hadirnya industri kelapa sawit. 

“Kubu Raya yang di hampir semua kecamatannya ditanami sawit merasakan betul manfaat dari adanya perkebunan kelapa sawit ini. Pemda mendapat bagi hasil pajak meskipun jumlahnya kecil, kemudian terbukanya kawasan ekonomi baru, dan yang paling penting ialah terbukanya lapangan pekerjaan yang luas sehingga banyak masyarakat bisa bekerja di sektor itu,” tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Aspektir Kalimantan Barat, Ys Marjitan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Wabup Sujiwo atas kesudian menerima audiensi serta kesediaannya menjadi pembina Aspektir. 

Baca Juga :  HUT Kubu Raya ke-10, Ribuan Umat Muslim Padati Acara Kubu Raya Berdzikir

Setelah resmi terbentuk, Aspektir dipastikannya akan menjadi mitra yang baik bagi pemerintah daerah. Terkait permintaan agar Aspektir ikut berperan meningkatkan kesejahteraan petani, Marjitan mengatakan bahwa pihaknya siap memenuhi harapan tersebut dengan memberikan pendampingan kepada para petani sawit. 

“Kami banyak berterima kasih kepada beliau (Sujiwo) karena berkenan menerima kami dan tadi juga beliau menyampaikan kesediaan untuk menjadi pembina Aspektir di Kalbar, khususnya di Kubu Raya. Sekarang kami akan mencoba menjadikan petani supaya bermitra dengan kami,” ujarnya.

“Melalui kemitraan dan pendampingan yang kelak akan segera kami lakukan, maka kami optimis Aspektir bisa ikut berperan meningkatkan kesejahteraan petani sawit, sebagaimana yang diharapkan oleh Pak Wakil Bupati tadi,” pungkasnya. (Jau)

Comment