Tekan Inflasi Kenaikan BBM, Pemprov Kalbar Bantu Warga Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Sebagai bentuk reaksi cepat dalam pengendalian inflasi dan mitigasi dampak inflasi akibat kenaikan harga BBM, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat terus gencar memberikan bantuan sosial (bansos) berupa bahan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Penyerahan bansos yang akan didistribusikan ke seluruh wilayah Kalimantan Barat diawali dengan  6 kecamatan di wilayah Kota Pontianak itu dihadiri Sutarmidji selaku Gubernur Kalimantan Barat. 

Sebagaimana diketahui, bahwa Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kabupaten Sintang merupakan 3 daerah yang menjadi tolak ukur penghitungan inflasi di Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Pimpin Rakor Operasi Ketupat 2023: Bersama Mengamankan dan Membuat Nyaman Lebaran Tahun Ini

Sebanyak 2.000 paket bahan pangan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan di 6 kecamatan yang ada di Kota Pontianak.

Kecamatan Pontianak Tenggara dan Pontianak Selatan menjadi 2 kecamatan pertama yang warganya diberikan bantuan sosial bahan pangan ini, pada Jumat (09/09/2022)

Kemudian, sebanyak 250 paket bahan pangan diberikan kepada masyarakat Kecamatan Pontianak Tenggara dan 300 paket bahan pangan di Kecamatan Pontianak Selatan.

Gubernur Kalbar juga menjabarkan isi dari paket bahan pangan yang untuk meringankan beban masyarakat sekaligus pengendalian inflasi dari kenaikan/penyesuaian Bahan Bakar Minyak (BBM), yakni beras, gula pasir, minyak goreng kemasan, mie instan dan bawang merah. 

Baca Juga :  Wako Edi Kamtono Sebut Sudah 40 Persen Warga Pontianak Divaksin

“Pemprov Kalbar memberikan bantuan, begitu juga dengan di desa. Semua itu untuk pengendalian inflasi. Daripada uang negara digunakan untuk membayar subsidi minyak atau BBM sebesar-besarnya namun tidak bisa melakukan kegiatan lain. Itu yang membuat keadaan semakin parah,” jelasnya.

Sebelumnya, selama 3 hari (Jumat – Minggu) penyerahan bantuan sosial bahan pangan di 6 kecamatan di Kota Pontianak, Gubernur Kalbar didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat, Heronimus Hero, Direktur Bank Kalbar, Rokidi dan camat di 6 lokasi penyerahan bandos bahan pangan. (Jau)

Comment