Ratusan Mahasiswa Demo Kantor DPRD Kalbar Tolak Kenaikan Harga BBM

KalbarOnline, Pontianak – Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kalimantan Barat menggelar aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kantor DPRD Provinsi Kalbar pada Kamis, tanggal 8 September 2022.

Para pengunjuk rasa ini bergerak dari Bundaran Tugu Digulis Untan menuju Kantor DPRD Provinsi Kalbar, Jalan A Yani Pontianak, dengan berjalan kaki dan membawa spanduk. Aksi massa ini mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.

Diantara spanduk yang dibawa mahasiswa diantaranya bertuliskan menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan berantas mafia migas.

Ketua koordinator aksi unjuk rasa, A Rahman menegaskan, melalui aksi ini pihaknya menolak kenaikan harga BBM dan menuntut pemerintah segera mencabut kebijakan tersebut.

Baca Juga :  DPRD Kalbar Targetkan APBD Perubahan 2020 Disahkan Agustus Ini

“Kemudian selanjutnya kami meminta Anggota DPRD Provinsi Kalbar untuk turun dan menolak naiknya harga BBM bersubsidi dan berpihak kepada rakyat. Selanjutnya meminta kepada BPH Migas Kalbar agar mengawasi penyaluran BBM bersubsidi,” terang Rahman kepada sejumlah wartawan.

Lebih lanjut, Rahman mengatakan, jika tuntutan dalam aksi tersebut tidak ditindaklanjuti, maka mereka akan kembali menggelar aksi unjuk rasa dengan masa yang lebih banyak.

“Jika aksi unjuk rasa kami hari ini tidak di tindak lanjuti kami akan datang lagi dengan jumlah massa yang lebih besar,” ujarnya.

Baca Juga :  Wako Edi Kamtono Siapkan Bonus Atlet Asal Pontianak Peraih Medali PON XX

Pantauan di lapangan, aksi unjuk rasa sempat memanas lantaran pengunjuk rasa hendak memaksa masuk ke kantor DPRD Provinsi Kalbar. Aksi dorong-dorongan antara aparat keamanan dan mahasiswa pun tak terelakkan, hingga pelemparan botol plastik air mineral dari arah pendemo ke arah polisi yang berjaga.

Setelah situasi mulai memanas, polisi bergerak cepat mengamankan satu batang bambu dan satu kain hitam. Selanjutnya, situasi berangsur-angsur kondusif setelah Kapolres Pontianak Kota, Kombes Pol Andi Herindra turun langsung menemui pengunjuk rasa. (Jau)

Comment