Hadapi Cuaca Ekstrem, BPBD Melawi Ingatkan Warga Siaga Bencana

KalbarOnline, Melawi – Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi, Syafarudin meminta masyarakat di daerah itu mewaspadai bencana alam seperti banjir dan longsor. Lantaran saat ini cuaca ekstrem, apalagi curah hujan masih cukup tinggi.

“Semua warga yang bermukim di wilayah rawan bencana banjir dan longsor harus meningkatkan kewaspadaan, terlebih kepada warga yang bermukim di bantaran sungai dan area perbukitan,” kata Syafarudin, Jumat (09/09/2022).

Menurutnya, sejumlah daerah di Melawi ini rawan bencana alam, karena banyak sungai dan struktur tanah labil, sehingga sangat berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor saat musim hujan mengguyur seperti sekarang ini.

Dia mengatakan, cuaca ekstrem yang dimaksud juga telah diprediksi sebelumnya oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Kalimantan Barat.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap siaga bencana terhadap gejala alam yang tidak bisa diprediksi, terlebih di daerah kita ini hampir merata masih diguyur hujan setiap hari,” jelasnya. (BS)

BACA JUGA:  Hujan di Atas Normal, 4 Kabupaten Kota di Kalbar Alami Banjir dan Longsor

Comment