Danlanal Ketapang Pimpin Gerakan Bersih-bersih Laut di Pantai Kinjil Pesisir

KalbarOnline, Ketapang – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ketapang, Letkol Laut (P) Bambang Nugroho memimpin gerakan pembersihan laut dalam rangka Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022, Rabu (07/09/2022), di Pantai Kinjil Pesisir, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Gerak bersih-bersih laut ini dilakukan serentak di 77 wilayah kerja TNI Angkatan Laut seluruh Indonesia dan merupakan satu rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut yang diperingati setiap tanggal 10 September.

Kegiatan bersih-bersih di Pantai Kinjil Pesisir itu dirangkai dengan kegiatan vidcon Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 yang diantaranya dihadiri oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan, Wakil Ketua DPRD Ketapang, Suprapto, Kapolres Ketapang, AKBP Yani Permana, jajaran Forkopimda, para OPD dan pelajar.

Dalam keterangannya, Letkol Laut (P) Bambang Nugroho mengatakan, bahwa gerakan bersih laut yang dilakukan di Pantai Kinjil Pesisir tersebut merupakan tahap awal untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembersihan selanjutnya.

“Gerakan ini merupakan tahap awal, untuk selanjutnya di manapun kita berada akan melaksanakan pembersihan pantai, laut dan daerah pesisir. Banyak sampah-sampah banyak juga sampah kiriman tersapu ke pantai, kalau kita berhenti disini saja dikemudian hari pantai-pantai akan kotor kembali,” ujarnya.

Baca Juga :  Warga Keluhkan Kerusakan Ruas Jalan Provinsi di Ketapang

Danlanal Ketapang juga berpesan kepada masyarakat Kabupaten Ketapang untuk selalu menjaga kebersihan pesisir pantai. Hal itu dapat dimulai dengan hal yang paling kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuat polusi pada perairan dan laut.

“Saya berpesan kepada masyarakat untuk secara bersama-sama menjaga pantai kita, laut kita, salah satunya dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Apabila melihat ada sampah, tidak usah disuruh lagi, langsung kita buang pada tempatnya,” imbaunya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ketapang menyatakan bahwa pemerintah daerah sangat menyambut baik kegiatan bersih-bersih pantai ini. Dirinya menilai , kegiatan ini merupakan langkah yang positif dalam menjaga lingkungan serta alam.

“Kebersihan pantai merupakan tanggung jawab bersama dan seluruh lapisan masyarakat dan terutama yang ada di pesisir pantai. Kebersihan laut dan pantai akan menjamin kehidupan dan ekosistem laut, karena laut menjadi salah satu penghasilan masyarakat Ketapang,” terang Farhan.

Farhan juga mengajak kepada masyarakat untuk sadar akan pentingnya kebersihan pantai, hal ini diperlukan untuk menjaga ekosistem sehingga ketika mengkonsumsi hewan laut akan aman.

Baca Juga :  Pengungkapan Kasus Penggelapan Dana Calon Jemaah Haji di Ketapang

“Kesadaran kita untuk melakukan bersih-bersih di wilayah pantai dan laut dengan tujuan menjaga ekosistem, untuk menjaga kesinambungan kehidupan masyarakat sehingga nanti mengkonsumsi ikan, kerang ataupun biota laut lainnya akan aman dalam konteks kesehatan,” ucapnya.

Selain itu, wakil bupati juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan kegiatan ini menjadi starting point dari sebuah kegiatan laut yang bersih di Kabupaten Ketapang dan bisa dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Wakil Bupati mengapresiasi setinggi-tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini, dikarenakan kegiatan ini merupakan contoh yang sangat baik yang dilakukan TNI AL pada umumnya dan khususnya Danlanal Ketapang beserta seluruh anggotanya,” sampainya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Ketapang yang mengikuti aksi bersih sampah di pantai, mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan tersebut.

“Menyambut baik kegiatan ini, dan ini merupakan kegiatan positif, karena panjang pantai di Kabupaten Ketapang kurang lebih 350 kilometer, sehingga aksi nyata seperti ini sangat diperlukan. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan,” kata Suprapto. (Adi LC)

Comment