Ibu Hamil Harus Jadi Prioritas

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan selalu berupaya untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan dan keselamatan bagi ibu hamil yang akan melahirkan.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat membuka Rapat Kerja Daerah VII (Rakerda VII) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Kalbar, di Hotel Qubu Resort, Sabtu (03/09/2022).

“Raker ini juga harus melahirkan rekomendasi-rekomendasi yang memperluas ruang lingkup layanan atau cakupan pelayanan para bidan serta menggalakan pemeriksaan ibu hamil, sehingga proses melahirkannya lebih mudah dan baik,” ujar Sutarmidji.

Ia pun meminta kepada IBI agar bisa mengajak anggotanya untuk bisa menguasai berbagai cabang. Tidak hanya sekedar tahu masalah dan bagaimana cara membantu kelahiran, tetapi juga harus tahu cabang-cabang lain.

Gubernur memberikan contoh, jika ada dua orang yang mengidap thalasemia lalu menikah dan sang istri melahirkan. Maka, anak yang dilahirkan akan bergantung pada orang lain, yakni donor darah.

“Ada 213 penderita thalasemia di Kalbar. Ini harus mendapatkan perhatian dan jangan sampai bertambah. Peran bidan sangat besar dalam hal ini,” camnya.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan perayaan HUT ke-71 IBI tersebut mengangkat tema  “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju”.

Tampak hadir dalam kegiatan itu Ketua Umum IBI, Emi Nurjasmi, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani Sutarmidji serta perwakilan pengurus IBI dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar.

Sebelumnya, rakerda ini bertujuan guna meningkatkan kapasitas bidan dalam menambah kualitas pelayanan KIA-KB dan kesehatan reproduksi di era pandemi, optimalisasi peran bidan dalam mendukung program imunisasi, khususnya pada Pekan Imunisasi Dunia, penguatan organisasi profesi melalui konsolidasi tingkat pusat dan daerah, penguatan organisasi profesi di tingkat global, peningkatan kepedulian dan kecintaan anggota terhadap organisasi IBI serta penguatan persatuan dan persaudaraan bidan dalam wadah IBI.

BACA JUGA:  Bersama Wagub Kalbar, Wakil Bupati Kapuas Hulu Hadiri Rapat Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2022

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kubu Raya dan Ketua IBI sempat menyerahkan cinderamata kepada Gubernur Kalbar, kemudian penyerahan potongan tumpeng dari Pengurus IBI Kalbar kepada Ketua TP PKK Provinsi Kalbar. Acara juga dirangkai dengan sesi dialog antara Gubernur Kalbar dan anggota IBI Kalbar. (Jau)

Comment