39 Pemanah Berlaga di Kejurda Panahan Tingkat Kalbar

KalbarOnline, Melawi – Sedikitnya 39 atlet dari 9 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panahan 2022 di lapangan eks MTQ, Desa Kenual, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi.

Kejurda Panahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Melawi itu secara resmi dibuka oleh Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, Sabtu (03/09/2022) pagi.

Ketua Pengcab Perpani Melawi, Widya Rima mengungkapkan, 9 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat yang ikut ambil bagian tersebut diantaranya Kabupaten Melawi, Sintang, Pontianak, Sanggau, Bengkayang, Singkawang, Sambas, Mempawah dan Landak. Kejurda ini digelar sebagai ajang seleksi Kejurnas.

Widya mengatakan, bersamaan dengan event Kejurda Panahan Tingkat Kalbar ini, juga akan digelar Melawi Archery Championship (MAC) III yang dihelat sehari setelahnya.

Baca Juga :  Sejarah Pemain No 3 Dunia, Petenis Austria Pertama ke Final US Open

“MAC III ini jadi ajang pemanasan bagi atlet panahan sebelum mengikuti Porprov Kalbar 2022. Jadi peserta Kejurda, selain ikuti Kejurda akan ikuti MAC III. Untuk MAC III, pesertanya mencapai 140 orang,” kata Widya Rima.

Dia menjelaskan, dalam Kejurda, diperlombakan nomor horsebow kategori 40 meter dan 30 meter serta nomor 20 meter untuk anak-anak. Sedangkan di ajang MAC III diperlombakan nomor horsebow, barebow dan recurve putra putri.

Ketua KONI Melawi, Abang Baharudin mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kejurda Panahan di Melawi.

“Inilah ajang pertama kali untuk melihat prestasi dan mental atlet kita bertanding, harapan kita dari Melawi cabang Panahan ini menyumbang medali di Porprov tanggal 19 November tahun 2022 mendatang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Refleksi Marcus/Kevin Pasca Mengalahkan Hendra/Ahsan di Laga Simulasi

Baharudin mengatakan, di ajang Porprov nantinya, Melawi akan menarget khusus paling tidak bisa merebut 15 sampai 20 medali dari cabang panahan, sebab di cabor panahan ini banyak kelasnya.

Sementara itu Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa menyebutkan, Kejurda Panahan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pembinaan olahraga di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Melawi.

“Kejurda ini juga (menjadi) kesempatan para atlet dalam mengunjuk kebolehan dalam rangka persiapan event kejuaraan yang lebih tinggi, seperti di kejuaraan nasional,” kata bupati.

Pemkab Melawi, lanjut Dadi, sangat senang dengan adanya kejuaraan itu. Sebab, event tersebut sangat memungkinkan memberi peluang bagi pengembangan kemampuan para atlet panahan khususnya di Melawi. (BS)

Comment