Gusti Yusri Lantik Pokja PWI Melawi

KalbarOnline, Melawi – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalbar, Gusti Yusri melantik pengurus Kelompok Kerja (Pokja) PWI Melawi, Selasa (30/08/2022), di Aula Cafe & Resto Putri Tanjung Nanga Pinoh.

Pengurus Pokja PWI Melawi ini diketuai oleh Ade Salahudin Al Ayubi, sebagai penasehat, Bahrum Sirait, Sekretaris, Didik Purnomo, Bendahara, Dedi Irawan, Pengurus Bidang Organisasi, RO Manalu dan sebagai pengurus bidang pendidikan, Januar Saputra.

Pelantikan tersebut dihadiri Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, Wakil Ketua DPRD Melawi, Hendegi Januardi Usfa Yursa, Waka Polres Melawi, perwakilan Dandim Melawi, Kepala SKPD dan sejumlah kepala desa.

Dalam kesempatan itu, Gusti Yusri berharap kepada pengurus PWI Melawi yang baru dilantik dapat bekerja secara profesional sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Tugas sebagai wartawan merupakan tugas mulia. Ada tiga fungsi yang harus dilaksanakan, menyebarkan informasi, kontrol sosial serta untuk menghibur para pembaca. Lakukan tugas sesuai dengan kode etik. Sebab saya tidak segan-segan untuk mengeluarkan anggota apabila ada yang melanggar,” katanya.

Baca Juga :  Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak di Melawi Bergeser ke 49 Desa

Pria yang juga merupakan Raja Tayan itu mengatakan, seringkali menemui wartawan yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Bahkan malah menyusahkan. Dia berharap anggota PWI tidak demikian dan selalu patuhi kode etik jurnalistik.

Di kesempatan sama, Bupati Melawi mengucapkan selamat kepada anggota PWI yang telah dilantik. Ia berharap jurnalis tetap melaksanakan tugas dengan profesional dan integritas.

“Wartawan sudah banyak berperan dalam pembangunan Melawi, utamanya dalam memberikan informasi yang positif kepada masyarakat. Kami berharap wartawan bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah untuk terus memajukan Kabupaten Melawi,” kata Dadi Sunarya.

Lebih lanjut, Dadi mengatakan kalau pemerintahannya tidak anti kritik. Maka dari itu, dia berharap kepada wartawan untuk tidak sungkan-sungkan memberikan kritik yang membangun kepada pemerintah.

“Termasuk kalau ada OPD kami yang menjalankan tugasnya kurang baik, silahkan dikritik. Karena dari kritik itu kita jadi tahu apa yang harus kita perbaiki,” pungkas Dadi.

Baca Juga :  Bupati Dadi Minta Masyarakat Melawi Tak Musuhi Aliran Ahmadiyah

Di tempat yang sama, Waka Polres Melawi Kompol Asmadi dalam sambutannya juga menyampaikan selamat atas pelantikan Pokja PWI Melawi. Keberadaan wartawan dinilainya sangat dibutuhkan, terutama dalam menyampaikan informasi-informasi terkait apa saja yang terjadi.

Ia pun berharap, dengan adanya wadah PWI ini, wartawan Melawi dapat lebih kredibel dan bisa mendorong program pemerintah.

“Kami juga berharap rekan-rekan pers bisa menjalin kerjasama dengan institusi kepolisian dalam menyampaikan program-program polri ataupun informasi lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pokja PWI Melawi, Ade Salahudin dalam sambutannya mengucalkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah berpartisipasi dalam acara pelantikan tersebut. Begitu pula terhadap Ketua PWI Kalbar yang sudah menyempatkan diri untuk hadir.

“Kedepannya, kami akan berupaya mengembangkan, memajukan PWI Melawi serta menjalankan tugas secara profesional sebagaimana yang diatur oleh Undang-Undang pers,” ucapnya. (Jau)

Comment