Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Asian Beach Games, Zulfydar Zaidar Berharap Anies Baswedan Siapkan Lapangan Outdoor

KalbarOnline, Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI), Zulfydar Zaidar Mochtar mengharapkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dapat menyediakan lapangan outdoor bagi penyelenggaraan Kejurnas sekaligus Asian Beach Games (ABG) tahun 2023–yang mana DKI Jakarta telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraanya.

“Fasilitas atau GOR Indoor di DKI Jakarta, cukup banyak tentunya, namun untuk outdoor seperti lapangan bola tangan pasir belum bertaraf internasional. Saya berharap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyediakan lahan dan sekaligus membangun lapangan bola tangan pasir di kawasan Ancol Jakarta Utara,” kata Zulfidar seusai membuka coaching clinic hand ball di GOR UNJ Jakarta, Selasa (30/08/2022). 

Zulfidar menyatakan, bahwa Jakarta sebagai barometer olahraga nasional dianggap layak menjadi tuan rumah bagi kejuaraan ABG.

“Minimal 3 cabang dari semua cabang yang dipertandingkan di Bali. Tiga cabang tersebut merupakan cabang olympic seperti bola tangan, bola voli dan sepakbola,” katanya.

Baca Juga :  Kecewa Berat, Gagal Menyamakan Kedudukan Saat Laga Kurang 0,4 Detik

Menanggapi hal itu, Anies Baswedan menyampaikan, berkaitan dengan digelarnya Kejurnas bola tangan indoor dan pasir sebagai loncatan menuju PON XXI di Aceh tahun 2024, pihaknya siap memberikan dukungan untuk membangun lapangan bola tangan pasir atau pantai di kawasan Ancol, meski jabatannya sebagai Gubernur DKI akan berakhir Oktober 2022.

Sementara itu, Ketua Pengprov ABTI DKI Jakarta, Saiful mengatakan, olahraga bola tangan yang dipertandingkan di Olimpiade mendapat perhatian khusus dari para pengurus ABTI DKI Jakarta. Semua itu terpantau pada pelatihan guru SMP dan SMA untuk mengetahui teknik dan tata cara permainan bola tangan yang digelar di GOR UNJ oleh Pengprov ABTI DKI Jakarta dengan diikuti 75 guru olahraga. 

“Saya berterima kasih pada Ketua Umum PB ABTI yang datang langsung membuka kepelatihan dan memberikan bantuan kepada 75 sekolah melalui para guru yang ikut pelatihan,” katanya.

Baca Juga :  Selama Itu Perintah Ketum, Boyman Siap Tinggalkan DPR Untuk Nyalon Gubernur

“Begitu juga saya mendukung harapan Pak Zulfidar kepada Gubernur DKI Jakarta yang menginginkan Kejurnas dan ABG digelar di kawasan Ancol. Dengan begitu sudah selayaknya ada lapangan bola tangan pasir yang di bangun di DKI Jakarta, bertaraf internasional,” jelas Saiful menambahkan.

Lebih lanjut Saiful juga mengatakan, kalau pada prinsipnya DKI Jakarta siap menggelar event nasional maupun internasional seperti ABG. Seiring dengan itu, Pengprov ABTI DKI Jakarta pun terus melakukan penguatan terhadap atlet bola tangan yang ada.

“Juga tidak lupa melakukan sosialisasi bola tangan lewat sekolah dan pembinaan atlet yang diharapkan tampil di PON XXI di Aceh. Melalui berbagai sektor pembinaan diharapkan pertumbuhan atlet berkembang deras hingga ke jenjang internasional,” katanya. (Jau)

Comment