Wawako Pontianak Minta MKKS Kalbar Mampu Hasilkan Program Pendidikan Sesuai Tujuan Nasional

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan membuka Rapat Kerja (Raker) II Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-Kalimantan Barat, di Hotel Garuda, Selasa (30/08/2022). 

Raker II MKKS merupakan wadah para kepala sekolah berdiskusi dan bermusyawarah terkait sejauh mana implementasi program yang telah tersusun sebelumnya.

“Saya berharap dalam raker ini harus mampu menghasilkan program yang mengacu pada tujuan pendidikan nasional,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan membuka Raker II MKKS SMP se-Kalbar. (Prokopim For KalbarOnline.com)
Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan membuka Raker II MKKS SMP se-Kalbar. (Prokopim For KalbarOnline.com)

Sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 disebutkan tentang tujuan pendidikan, yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis.

Baca Juga :  Wujud Kekompakan, TNI Polri dan Pol PP Gelar Apel Sinergitas

Bahasan menambahkan, sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang sangat strategis dalam membangun manusia seutuhnya, sekolah juga tempat mendidik, baik dari sisi moral maupun intelektual. Oleh sebab itu, sekolah membutuhkan kepemimpinan yang benar-benar mampu menjaga integritas dan visioner. 

Disampaikannya pula, menjadi kepala sekolah merupakan sebuah kebanggaan, karena melalui proses pendidikan dan pelatihan yang tidak sebentar, untuk mengasah pemahaman dan keterampilan sebagai pemimpin.

Baca Juga :  Sosok Pj Wali Kota Pontianak Masih Teka-teki
Foto bersama seluruh peserta Raker II MKKS SMP se-Kalbar. (Prokopim For KalbarOnline.com)
Foto bersama seluruh peserta Raker II MKKS SMP se-Kalbar. (Prokopim For KalbarOnline.com)

“Gunakan kesempatan ini untuk membentuk generasi muda menjadi generasi yang tangguh menghadapi masa depan yang semakin kompetitif dalam segala aspek kehidupan,” pesannya.

Ia mengingatkan kepada seluruh peserta agar fokus dalam memimpin lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang diamanatkan dalam UU.

“Jadikan MKKS ini sebagai wadah yang mengedepankan sikap profesional, jangan sekali-sekali wadah ini dijadikan sebagai ajang untuk berpolitik praktis,” pungkasnya. (Jau)

Comment