Sekda Ketapang Sebut Dampak TMMD Kodim 1203 Sangat Dirasakan Masyarakat Desa Sebadak Raya

KalbarOnline, Ketapang – Sekda Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menyebutkan kalau hasil program kerja TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke-114 tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Kodim 1203 sangat berdampak bagi masyarakat, khusunya di Desa Sebadak Raya yang dijadikan sebagai lokasi sasaran.

Pernyataan itu disampaikan Alexander Wilyo saat menghadiri penutupan kegiatan TMMD Imbangan ke-114 tahun 2022 di Desa Sebadak Raya, Kecamatan Nanga Tayap, Rabu (24/08/2022) pagi.

“Dampak positif yang dirasakan dengan selesainya pelaksanaan kegiatan TMMD ini adalah terbangunnya sarana prasarana fasilitas umum dan penyuluhan serta pelayanan sosial lainnya,” ucap Alex sapaan akrab Sekda Ketapang itu.

Alex juga mengatakan kalau kegiatan tersebut dapat berjalan lancar tidak terlepas dari dukungan dan kerja keras berbagai pihak, baik TNI maupun masyarakat yang telah menyumbangkan tenaga dan pikiran sejak tahap perencanaan hingga pelaksanaan.

“Kegiatan TMMD ini telah berhasil membantu tugas pemerintah Kabupaten Ketapang dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Alex berharap, khususnya kepada warga Desa Sebadak Raya, agar dapat merawat dan memelihara hasil-hasil pembangunan yang terwujud dari kegiatan TMMD tersebut.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Resmikan Sanggar Seni Nimas Ayu Kinanti Sungai Melayu Rayak

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan TMMD yang telah dilakukan oleh TNI 1203 Ketapang dan saya berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh pihak-pihak lain, karena sejauh ini program TMMD dinilai telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Komandan Kodim 1203 Ketapang serta seluruh jajaran TNI yang telah melaksanakan TMMD imbangan ke-114 tahun 2022 dan ucapan terima kasih juga kepada masyarakat serta semua pihak yang telah mendukung kegiatan TMMD sehingga seluruh rangkaian kegiatan ini  dapat selesai dengan baik,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Staf Korem (Kasrem) 121 Alambhana Wanawai, Kolonel Czi Rudi Wahyudiono berharap agar kegiatan TMMD ke 114 ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong.

“Serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” pesannya.

Selain itu, Kasrem Rudi juga menyampaikan sejumlah atensi dan harapan kepada para prajurit TNI di Kodim 1203 Ketapang sebagai tindak lanjut dari program TMMD Imbangan ke 114 tahun 2022. Diantaranya agar dapat terus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat,m serta jangan mudah terhasut dan terprovokasi. 

Baca Juga :  Mahasiswa Teriaki Sekwan dan Anggota DPRD Ketapang ‘Pembulak’

“Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang,” ungkapnya.

“Kepada Dansatgas TMMD ke-114, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang,” pesannya.

“Dan kepada para prajurit yang terhubung dalam TMMD dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini didasari oleh Surat Bupati Ketapang nomor 420/105/DPMPD/2021 tertanggal 31 Maret 2021 tentang kegiatan TMMD dan Karya Bhakti TNI, serta program kerja KODIM 1203 Ketapang tahun 2022 dan ditutup tanggal 24 Agustus 2022. 

Adapun pasukan yang terlibat terdiri dari  Satgas TMMD yang berjumlah 150 orang, masyarakat berjumlah 40 orang dan Komcad TNI AD 6 orang. Jumlah keseluruhan yang tergabung pada kegiatan itu total 196 orang. (Adi LC)

Comment