Kampung KB Bermanfaat untuk Mengentaskan Kemiskinan

KalbarOnline, Pontianak – Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, Harisson menyebutkan bahwa keberadaan Kampung KB yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa banyak manfaat, salah satunya mengentaskan kemiskinan dan mendekatkan masyarakat dengan pembangunan.

Hal itu disampaikan Harisson saat membuka kegiatan Workshop Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Kalbar, di Hotel Golden Tulip Pontianak, Rabu (24/08/2022).

“Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW, dusun, atau setara, yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis,” katanya.

Baca Juga :  Pastikan Stok Aman, Pj Gubernur Kalbar Pantau Ketersediaan Beras di Pasar Ritel Pontianak

Lebih lanjut, sekda mengharapkan agar program Kampung KB bisa benar-benar fokus, baik dalam sarana maupun prasarana, organisasi maupun pengawasannya, sehingga program Kampung KB dapat berjalan optimal dan maksimal agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. 

“Kemudian, program KB juga diharapkan dapat meningkatkan SDM, terutama petugas pelaksana lini lapangan agar menjadi petugas yang andal dengan melakukan sosialisasi Kampung KB kepada kepala perangkat daerah dan camat, serta koalisi program pembangunan dengan seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat,’’ tuturnya.

Selain itu sekda juga berharap, agar keberadaan Kampung KB di Kalbar mampu menjadi senjata pamungkas baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang terlihat dari jangkauan pemerintah.

Baca Juga :  Sekda Kalbar Minta Dinas Perhubungan Provinsi/Kabupaten/Kota Lebih Rajin Turun Razia Pajak Kendaraan

“Serta menjadi ikon Program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK),” ucapnya.

Sebelumnya, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Penyuluh KB Ahli Utama BKKBN, Elly Kusnaeli, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Muslimat, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Yuline Marhaeni serta Kepala Perangkat Daerah di tingkat provinsi, kabupaten/kota yang menangani urusan KB.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Kalbar juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Kampung Keluarga Berkualitas tahun 2022. (Jau)

Comment