Terbang ke Jakarta, Bupati Kapuas Hulu Penuhi Undangan APN Expo dan Forum Tahun 2022

KalbarOnline, Jakarta  – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan berkesempatan menghadiri Apkasi Procurement Network (APN) Expo dan Forum Tahun 2022, di Hall A1 JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (24/08/2022) pagi.

Kegiatan APN Expo dan Forum Tahun 2022 itu digagas sebagai bentuk kewajiban moral untuk ikut menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Produk UMK dan Koperasi yang dilaksanakan pada 24-26 Agustus 2022.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian tersebut merupakan inisiatif Apkasi sebagai ajang mempertemukan end user barang/jasa dengan para penyedia barang/jasa pemerintah agar tahap perencanaan anggaran dan persiapan PBJ pemerintah dapat dilaksanakan secara baik. 

Baca Juga :  Kemendagri: Pelantikan Bupati dan Wali Kota Terapkan Prokes Ketat

Tak hanya itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai salah satu bentuk dukungan atas momentum pemulihan ekonomi di daerah. Dimana Apkasi turut menggelar pameran Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) di pemerintah pada event terbesar di Indonesia itu.

Mendagri, Rito Karnavian saat menyampaikan sambutan pada acara Apkasi Procurement Network (APN) Expo dan Forum Tahun 2022, di Hall A1 JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (24/08/2022) pagi. (Foto: Istimewa)
Mendagri, Rito Karnavian saat menyampaikan sambutan pada acara Apkasi Procurement Network (APN) Expo dan Forum Tahun 2022, di Hall A1 JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (24/08/2022) pagi. (Foto: Istimewa)

Selain itu juga, dengan kegiatan yang dihadiri oleh para bupati dan OPD terkait itu, maka pemerintah daerah (pemda) dapat melihat secara langsung kualitas barang-barang yang ditawarkan dan tidak sebatas hanya melihat melalui e-Katalog yang disiapkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). 

Baca Juga :  Tak Puas Sentuhan Pertama, Pacar yang Sudah Dilamar Minta Bubaran

Dan lagi melalui kegiatan ini, pemerintah daerah dapat menghindari perusahaan-perusahaan fiktif yang mengaku sebagai penyedia barang dan jasa.

Seperti diketahui, LKPP telah mengambil langkah-langkah strategis melalui perbaikan ekosistem pengadaan barang/jasa dalam rangka peningkatan produk dalam negeri, produk UKM dan Koperasi menuju Indonesia maju melalui percepatan penayangan produk katalog nasional dan menargetkan pembentukan katalog lokal dan sektoral di lebih dari 400 instansi/kementerian/lembaga/pemerintah daerah untuk menggeliatkan ekonomi daerah.

Selain kegiatan expo, pada APN 2022 juga dihadirkan forum-forum dan presentasi produk dari perusahaan penyedia barang/jasa. (Rilis/Ishaq)

Comment