Kunjungan Kerja ke Polres Singkawang, Kapolda Kalbar Minta Jajaran Jaga Toleransi di Kota Singkawang

KalbarOnline, Pontianak – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Suryanbodo Asmoro melaksanakan kunjungan kerja ke Polres Singkawang dalam rangka memberikan arahan kepada personel Polres Singkawang, di Aula Polres Singkawang, Sabtu (20/08/2022).

Turut hadir mendampingi kunjungan Kapolda Kalbar, diantaranya Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Asep Safrudin, Karorena Polda Kalbar, Kombes Pol Deni Hermana, Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya dan Kapolres Singkawang, AKBP Arwin Amrih Wientama.

Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan antara lain kapolsek jajaran Polres Singkawang, para perwira Polres Singkawang dan 26 Bhabinkamtibmas Polres Singkawang.

Dalam arahannya, Kapolda mengingatkan kepada bhabinkamtibmas untuk terus menjaga toleransi di Kota Singkawang yang terkenal dengan brand Kota Toleransi.

Baca Juga :  342 Warga Singkawang Berpotensi Jadi Pemilih Baru

“Sikap toleran merupakan sebuah branding di Kota Singkawang yang menjadikannya suatu ciri khas. Singkawang yang toleran berarti menjaga kesimbangan, saling memahami dan memiliki kesepakatan di lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Ia melanjutkan, terdapat beberapa hal yang harus disadari untuk dapat membuat bahagia dan rukun sebagai pribadi serta sebagai bangsa adalah adanya sikap rendah hati, toleransi dan simpati kepada masyarakat.

“Harmonisasi ini mutlak diperlukan dalam hidup bermasyarakat,” jelasnya 

Kapolda menilai, Kota Singkawang yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan agama, sangat rawan akan terjadinya konflik pertikaian–jika seandainya saja setiap pribadi tidak mau saling bertoleransi. 

Baca Juga :  Kongres HMI XXXII Berakhir, Ketum Terpilih Bagas Kurniawan Gandeng Semua Kandidat Bersatu Majukan HMI

“Oleh karena itu, marilah dimulai setiap dari kita bersedia berkomitmen untuk mau mengusahakan kehidupan bermasyarakat yang rukun dan damai,” pesannya.

“Ciptakanlah tri kerukunan umat beragama, yang mencakup kerukunan internal umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah,” sambungnya.

Kapolda juga menambahkan, jika kerukunan diantara umat beragama dapat terjalin dengan baik, tidak hanya masyarakat yang harmonis tapi negara juga akan aman. (Jau)

Comment