Hadiri Gawai Adat Dayak Pempagok Jeramek, Sekda Ketapang Harapkan Tradisi Para Leluhur Tetap Terus Dilestarikan

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri kegiatan Gawai Adat Dayak Pempagok Jeramek, di Dusun Nekdoyan, Desa Laman Satong Kecamatan MHU, Sabtu (20/08/2022).

Sekda dalam kesempatan tersebut mengharapkan agar tradisi Pempagok Jeramek ini jangan sampai ditinggalkan.

“Jika ada tradisi leluhur kita, orang tua kita zaman dulu yang rutin harus kita laksanakan kembali, misalnya gawai buah atau bersenggayong dan lain sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Gelar Coffee Morning, Bahas Permasalahan Koperasi dan Penataan PKL

Selain untuk meneruskan tradisi leluhur, beliau menilai kegiatan tersebut bisa menjadi daya tarik untuk para wisatawan budaya, karena merupakan suatu yang unik.

“Jangan pernah malu akan adat istiadat budaya tradisi orang tua atau leluhur kita dan kita harus bangga,” tegas Sekda Ketapang.

Selain itu, Sekda juga mengatakan betapa pentingnya pendidikan, oleh karena itu beliau berharap agar masyarakat adat di Desa Laman Satong mendukung penuh anak-anaknya untuk bersekolah setinggi-tingginya, minimal tingkat SMA, atau bahkan bisa melanjutkannya lagi ke tingkat perguruan tinggi.

Baca Juga :  Di Momen HUT Korpri ke-51, Sekda Ketapang Berikan Apresiasi Perangkat Daerah Terkait Kebersihan Lingkungan Tempat Kerja 

“Hal ini dilakukan agar kita mampu bersaing dengan orang yang sudah lebih maju dan supaya tidak terlalu jauh kesenjangan, kita harus sehat, dan jauh dari Narkoba,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan, Kabid PMD, BPKAD, Kasat Pol PP, tokoh adat, dan masyarakat setempat. (Adi LC)

Comment