Wali Kota Lantik Pengurus PMI Kecamatan se-Kota Pontianak 2022-2027

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono melantik pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan se-Kota Pontianak periode 2022 – 2027 di Aula Rumah Jabatan Wali Kota, Sabtu (20/08/2022).

Kepada jajaran pengurus yang baru dilantik, Edi berharap organisasi ini bisa bersama-sama terus bergerak dan melahirkan inovasi-inovasi dalam gerakan kemanusiaan.

“Demi mewujudkan visi misi PMI yang profesional dan berintegritas bergerak bersama masyarakat,” ujarnya.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus PMI Kecamatan se-Kota Pontianak 2022-2027. (Prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus PMI Kecamatan se-Kota Pontianak 2022-2027. (Prokopim For KalbarOnline.com)

Dalam perkembangannya, kebutuhan darah sepanjang tahun 2021 sebanyak 24.774 kantong, atau rerata 2.000 kantong setiap bulannya. Sedangkan jumlah donor darah sukarela mencapai 12.049 pendonor di tahun yang sama. 

“Hal ini menjadi tantangan kedepan, seluruh elemen PMI Kota Pontianak didukung PMI Provinsi Kalbar serta pengurus kecamatan, dapat terus menggerakkan seluruh komponen masyarakat agar menjadikan donor darah sukarela sebagai gaya hidup untuk mencapai donor darah sukarela 100 persen,” tuturnya.

Edi mengatakan, tugas PMI sangat luas. Tidak hanya semata memberikan pelayanan transfusi darah yang aman bagi masyarakat, tetapi juga di bidang kesiapsiagaan bencana.

“PMI sebagai bagian dari tim relawan siaga bencana harus selalu terdepan dalam membantu korban bencana, mulai dari kebakaran rumah maupun lahan hingga pendistribusian bantuan yang dibutuhkan korban bencana,” pungkasnya. (Jau)

BACA JUGA:  Sutarmidji Minta Warga Tak Hambat Pembangunan Waterfront

Comment