Pimpin Apel Bina Karuna Kapuas 2022, Kapolres Ketapang Bacakan Amanat Kapolda Kalbar

KalbarOnline, Ketapang – Kapolres Ketapang, AKBP Yani Permana memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2022 di Halaman Mapolres Ketapang, Jumat 19 Agustus 2022.

Dalam pelaksanaan gelar pasukan tersebut Kapolres Ketapang membacakan sambutan amanat Kapolda Kalbar. Dimana dalam amanat tersebut Kapolda Kalbar menyampaikan, bahwa Provinsi Kalbar sebagai salah satu provinsi yang rawan dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Kalimantan Barat menjadi langganan kebakaran hutan dan lahan yang mana faktor utama terjadinya kebakaran hutan dan lahan adalah membuka lahan dengan cara dibakar, kemudian api tidak diawasi sehingga membakar ke lahan lainnya,” katanya.

“Ini harus menjadi perhatian serta tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat dalam mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan,” sambung kapolres 

Baca Juga :  Jokowi Ultimatum Pejabat Daerah, Gagal Tangani Karhutla Bakal Dicopot

Ia menyampaikan, bahwa Polda Kalbar dan jajaran menggelar Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2022 dalam upaya melakukan pencegahan dan penanggulangan terhadap kebakaran hutan dan lahan. Operasi ini digelar selama 21 hari, dimulai dari tanggal 19 Agustus 2022 sampai dengan 08 September 2022. 

“Pelaksanaan operasi ini mengedepankan upaya pencegahan dan penanggulangan, dan tentunya juga apabila ditemukan pelanggaran atau tindak pidana karhutla maka langkah penegakan hukum akan dilaksanakan,” katanya.

Kapolda juga meminta adanya sinergitas seluruh stakeholder dalam segala upaya pencegahan dan penanggulangan setiap potensi karhutla, agar wilayah Kalimantan Barat bebas dari kebakaran hutan dan lahan.

Upacara ini dihadiri oleh Kasdim 1203 Ketapang, Mayor Inf Fendi Phutut A.W, Ketua DPRD Ketapang, M Febriandi, Kasat Pol PP Ketapang, Muslimin, BPBD Ketapang, Manggala Agni Ketapang, pengurus badan Pemadam Bhakti suci Ketapang, Peleton Siaga Api Polres Ketapang, Kompi Brimob Ketapang, Peleton Kodim Ketapang serta seluruh Personel Polres Ketapang termasuk personel Polsek yang terlibat dalam Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2022.

Baca Juga :  Pemkab KKR Beri Payung Hukum Penanggulangan Karhutla Melalui ADD

Dalam pelaksanaan Apel tersebut, Kapolres Ketapang menyematkan pita kepada perwakilan personel dari Polres Ketapang, Kodim Ketapang, Satpol PP dan BPDB sebagai bentuk bahwa Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2022 telah dimulai.

Kegiatan apel Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2022 itu ditutup dengan pagelaran dan pengecekan sarana kendaraan dan alat pemadaman oleh jajaran forkopimda Ketapang. (Adi LC)

Comment