by

Sutarmidji Minta Tokoh Agama Turut Sosialisasikan Pentingnya Donor Darah

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji meminta kepada para tokoh agama untuk ikut mensosialisasikan pentingnya masyarakat melakukan donor darah.

Karena menurutnya, masih banyaknya masyarakat yang belum paham terhadap kelayakan sebagai pendonor darah dari sisi fisik maupun kesehatan.

“Tokoh agama juga perlu dilibatkan dalam mencari para pendonor serta memberikan pemahaman kepada masyarakat agar ketersediaan darah tidak menjadi hal yang meresahkan, khususnya bagi mereka yang membutuhkan,” kata Sutarmidji, Kamis (18/08/2022).

Hal itu disampaikan Sutarmidji saat membuka kegiatan Donor Darah dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun 2022 yang diinisiasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalbar.

“Semoga kegiatan donor darah ini bisa menjadi program utama TP PKK Provinsi Kalbar–seperti program-program lainnya, karena sangat penting. Saya berharap Tim Penggerak PKK punya bank donor, bukan bank darah,” kata Sutarmidji.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa keberadaan bank donor memiliki peranan sangat penting, karena data pendonor sudah tersusun dan sudah bagus. Sehingga, tidak akan sulit ketika mengadakan kegiatan donor darah, sehingga hanya tinggal mengingatkan si pendonor jika sudah waktunya untuk mendonorkan darah.

“Kegiatannya akan lebih efektif dan silakan buka bank donor sebanyak mungkin. Jadi, bank donor yang harus dikembangkan. Sedangkan bank darah cukup di rumah sakit,” jelasnya.

Masih kata Sutarmidji, seharusnya 1 pengidap thalasemia juga sudah memiliki pendonor tetap yang memiliki kesamaan golongan darah. 

“Misal, pasien A harus memiliki 20 pendonor. Meskipun secara hitung-hitungannya bisa 12 pendonor. Tapi, supaya lebih aman, saya lebih cenderung 20 orang. Terutama golongan darah yang sulit didapat, sehingga harus mencari pendonor karena itu hal yang tidak mudah,” terangnya.

Turut hadir pada kegiatan yang berlangsung di Sekretariat TP PKK Prov Kalbar tersebut yakni Ketua TP PKK Prov Kalbar, Lismaryani Sutarmidji, Kepala perangkat daerah terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar, Pengurus PKK Provinsi Kalbar dan Branch Manager Rumah Zakat Kalbar, Asrul Putra Nanda.

BACA JUGA:  2019, Sutarmidji Minta Sektor Beras Nihil Inflasi

Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Lismaryani Sutarmidji menjelaskan, kalau kegiatan ini merupakan rangkaian aksi sosial dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 tahun 2022.

“Kami juga telah melaksanakan aksi sosial lainnya, seperti Sunat Anak Batas Negeri, Ekspedisi Superqurban Batas Negeri, Bantuan Paket sembako Merah Putih di Temajok, Gelar Pangan Kemerdekaan di Dinas Ketahanan Pangan, penyerahan sembako untuk anak yatim piatu dan bantuan ke panti asuhan dan penanaman pohon,” katanya.

Lismaryani menekankan, setetes darah yang dikeluarkan para pendonor sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan.

Insya Allah, TP PKK Kalbar juga memprogramkan kegiatan donor darah dalam setiap event yang ada,” kata istri Gubernur Kalbar itu.

Usai acara pembukaan, Gubernur Kalbar beserta Ketua TP PKK Provinsi Kalbar melihat langsung pelaksanaan donor darah serta berbincang dan bersenda gurau dengan tenaga kesehatan dan para pendonor.

Sebelumnya, para pendonor sudah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan, seperti pemeriksaan tekanan darah. (Jau)

Comment